Dear Readers,
Adakah diantara anda yang mengajar dengan menggunakan MEDIA?
Media
PustakaBahasaInggris.com – merupakan salah satu faktor yang sangat penting di dalam proses belajar dan mengajar. Hal ini dikarenakan, para peserta didik akan dengan mudah merespon dan merekam tentang apa yang ada di dalam media tersebut, terlebih lagi apabila anda akan mengajarkan sebuah topik tentang “Descriptive” dengan dibantu oleh media gambar proses belajar mengajar akan terasa sangat mudah dan menyenangkan.
Table of Contents
Contoh Mengajar Descriptive Text Bahasa Inggris Menggunakan Media Gambar Dengan Pemahaman Dan Artinya
Pre Teaching
Langkah awal mengajar Descriptive Text
Ingatkan kembali bahwa Descriptive adalah menggambarkan sebuah ciri-ciri atau sifat seseorang atau pun benda hidup/ mati secara spesifik. Dalam hal ini kata sifat (Adjective) sangat penting sekali untuk dipelajari atau disampaikan kepada peserta didik.
Anda dapat melakukan pemanasan dengan menggunakan media di sekitar anda (ruang kelas) sebelum anda memasuki bagian inti pelajaran. Saya akan memberikan contoh nya dengan sebuah situasi.
Mr. Rudolph will teach Descriptive as the topic. He does pre-teaching before he starts to explain the topic. Here you go…
Good morning class, how are you doing?
Well, I have some questions for all of you, if you can answer a question, I will give you something special.
Berikan sesuatu untuk para peserta didik, misalnya: coklat atau permen tetapi tetapi dengan kadar gula yang rendah karena gula tidak baik untuk kesehatan apabila dikonsumsi secara berlebih.
Kondisikan bahwa mereka tertarik dengan hadiah tersebut, ini berguna untuk mendapatkan perhatian mereka. Pastikan juga hal ini bukan modus semata.
Ok, now let’s see your classmate. who is the most handsome person in this class?
Handsome adalah sebuah kata sifat (Adjective), dan vocabulary ini sangat sering sekali didengar di telinga. Mereka (para peserta didik) tidak akan sadar bahwa anda akan membahas tentang Adjective. Lalu berikutnya, pastikan pertanyaan-pertanyaan anda seragam dengan pertanyaan sebelumnya.
That’s true. Jack is the most handsome boy in this class.
Sekarang pilih salah satu peserta didik untuk menjawab pertanyaan anda dan berikan hadiah nya apabila peserta didik tersebut mampu menjawab pertanyaan yang anda berikan, ini berguna sebagai motivasi kepada para peserta didik yang lain.
How does he look like?
Can you tell me, why is he so handsome?
Yes, I agree with you, because he has a pointed nose and blue eyes.
Well done boy.
Gunakan ekspresi dan respon ini untuk memacu tingkat keberanian mereka. Karena para peserta didik akan merasa senang sekali hati nya apabila jawaban mereka anda hargai.
Setelah perkiraan anda cukup di dalam tahap pemanasan, pancing kembali mereka untuk berfikir tentang Topic apa yang akan dipelajari saat ini.
So, class…I will tell you something, you said: handsome, pointed nose, blue eyes, smart and much more. Do you know, what will we learn today?
Pastikan salah satu diantara para peserta didik ada yang menjawab Adjective atau Descriptive.
Ok you are right, today we will learn more about Descriptive or Describing a person or a thing
While Teaching
Langkah Pokok mengajar Descriptive Text
Langkah ini sangatlah penting karena langkah ini merupakan langkah inti dari sebuah materi atau Topic yang akan anda berikan kepada para peserta didik. Jadi pastikan di dalam langkah ini anda memiliki strategi jitu untuk menyampaikan pesan atau materi kepada peserta didik dengan cara yang menyenangkan.
Sebaiknya anda menjelaskan gambar ini secara sistematis mulai dari atas lalu ke bawah, mengapa? Karena ini akan membangun sebuah karakter para peserta didik untuk mendisiplinkan pola pikir mereka. Dan jauh dari pada itu, anda juga tidak akan mengalami kebingungan disaat anda menjelaskan gambar tersebut.
Ok class, please look at the picture. What do think about her?
First: She is beautiful. And every woman in this world is beautiful, your mother also beautiful, your friends are beautiful.
Berikan alasan yang membangun kepada para peserta didik, hal ini untuk menghindari para peserta didik saling ejek mengejek satu dengan yang lain nya.
Now, check out of her hair. What do you think about that? She has long, wavy, or blond hair?
That’s true.
- She has long hair.
- She has wavy hair.
- She has blond hair.
This is the sentence: She has long wavy and blond hair
Now, what do you think about her face?
Yes, she has an oval face.
Then, check out for her eyes. What does it look like?
Well done, She has slanted brown eyes.
Now, let’s see through her nose. What do you think about it?
Well, she has pointed nose.
Now, let’s go down. Tell me about her lips?
Ok, she has thin lips
And the last. What do you think about her body?
Yes, she has a slim body.
Untuk berikutnya, berikan gambar tanpa anda memberikan Adjective pada gambar tersebut.
Hal ini dapat digunakan sebagai indikator bahwa para peserta didik sudah paham atau belum mengenai topik atau materi yang telah anda berikan.
Sebelum anda memberikan latihan soal, sebaiknya anda memberikan sebuah contoh terlebih dahulu. Berikut ini adalah sebuah contoh bagaimana membuat sebuah paragraf Deskripsi atau Descriptive Text.
My Wife
She is my beautiful wife. Her name is Romana Maya but I like to call her Honey because she is as sweet as honey. She was born on 4 May 1991. She is 25 years old. It means that she is 5 years younger than me.
She has long brown hair. She has an oval face and she has oriental slanted black eyes. Her mother is Chinese so she has Chinese eyes as her mother has. She is so pretty with her pointed nose and thin lips. She has a sexy body because she always keeps in shape at a gym every day. Her hobby is traveling somewhere.
We love each other of course, that’s why we married. I love her so much because she has a diamond heart then she is a strong and independent girl. She has no limit or never says give up to face in this life. I love you so much, Honey.
Contoh di atas dapat mengajarkan bagaimana membuat sebuah paragraf Deskripsi yang sederhana. Hal ini dapat dilakukan dengan sangat mudah dan baik apabila para peserta didik mengambil sebuah objek yang ada di sekitar mereka.
Post Teaching
Langkah Akhir mengajar Descriptive Text
Langkah ini sering disebut sebagai review yang berguna untuk mengingatkan dan menyegarkan kembali daya ingat peserta didik tentang topik yang telah dijelaskan. Anda dapat melakukan langkah ini dengan memberikan beberapa pertanyaan atau latihan soal.
Berikut adalah contoh soal latihan yang dapat anda berikan kepada para peserta didik.
I. Fill the blank by choosing appropriate word.
II. Make a simple Descriptive text based on the picture.
Description:
Pelajari Contoh Descriptive Text yang lain di sini:
- Descriptive Text tentang Jam Tangan “CASIO AE-1000W-1AV”
- Descriptive Text tentang Benda “Fortuner Pedometer 1621 Watch”
- Descriptive Text tentang Analog Watch “SWISS ARMY – 8044”
- Descriptive Text tentang benda “Diecast JADA – HUMMER”
- Contoh Descriptive Text tentang Benda “IBANEZ” dengan menggunakan Simple Present Tense
- Contoh Descriptive Text tentang Orang “SLASH” dengan menggunakan Simple Present Tense dan Present Continuous Tense
Terapkan Materi Descriptive Text dalam Percakapan di sini:
Simak Audio Listening tentang Descriptive Text di sini:
Vote your voice for better articles