Contoh Percakapan Bahasa Inggris Membuat Reservasi Hotel Melalui Telepon

Posted on

Dear Readers,

Hotel berasal dari kata hostel, konon diambil dari bahasa Perancis kuno. Bangunan publik ini sudah disebut-sebut sejak akhir abad ke-17. Maknanya kira-kira, “tempat penampungan buat pendatang” atau bisa juga “bangunan penyedia pondokan dan makanan untuk umum”. Jadi, pada mulanya hotel memang diciptakan untuk meladeni masyarakat.

Ternyata bukan hanya masyarakat lokal saja yang sering datang ke hotel, turis dari mancanegara pasti akan tinggal di hotel dalam agenda liburan mereka. Lalu kondisi ini menjadi sebuah tantangan bagi kalian yang bercita-cita ingin bekerja di sebuah hotel. Tantangannya dalah, kalian harus mampu menguasai Bahasa Asing terutama Bahasa Inggris. Mengapa? Hal ini dikarenakan seorang turis dari mancanegara sangat jarang sekali menggunakan Bahasa Lokal (Bahasa Setempat) dalam berkomunikasi, mereka lebih sering menggunakan Bahasa Inggris untuk berkomunikasi.

Apakah kalian pernah mendengar kata “Check in”?

Kata ini terkenal di dunia perhotelan yang berarti “masuk hotel” dan lawan katanya adalah “check out” yang berarti “keluar hotel”.

Dalam memesan sebuah kamar hotel, bisa dilakukan secara langsung. Artinya pelanggan langsung datang ke hotel untuk pemesanan kamar hotel. Pemesanan kamar hotel juga dapat dilakukan melalui telepon. Artinya pelanggan menelpon untuk melakukan pemesanan kamar hotel. Seiringnya pertumbuhan teknologi, ternyata pelanggan dipermudah untuk memesan kamar hotel melalui sebuah aplikasi adroid.

PustakaBahasaInggris.com – Artikel kali ini, saya akan memberikan kalian sebuah contoh Bagaimana memesan sebuah kamar hotel melalui telepon dalam sebuah percakapan Bahasa Inggris.

Contoh Percakapan Bahasa Inggris Membuat Reservasi Hotel Melalui Telepon

Contoh Percakapan Bahasa Inggris Membuat Reservasi Hotel Melalui Telepon


Dialog dan Terjemahan

Situation: Mr. Adam will have a personal business out of the town. He calls Hotel Receptionist to make a reservation at the hotel.
Situasi: Pak Adam akan memiliki bisnis pribadi di luar kota. Dia menelpon Resepsionis Hotel untuk membuat reservasi di hotel.

Hotel Receptionist: The Box Hotel. Good afternoon. How can I help you?
Resepsionis Hotel: The Box Hotel. Selamat siang. Apa yang bisa saya bantu?

Mr. Adam: Yes, I would like to make a reservation.
Pak Adam: Ya, saya ingin membuat reservasi.

Hotel Receptionist: Yes, of course. May I have your full name, please?
Resepsionis Hotel: Ya, tentu saja. Bolehkah saya tahu nama lengkap Anda?

Mr. Adam: It’s John Adam.
Pak Adam: John Adam.

Hotel Receptionist: Thank you, Mr. Adam. When would you like to make a reservation, Sir?
Resepsionis Hotel: Terima kasih, Pak Adam. Kapan Anda ingin membuat reservasi, Pak?

Mr. Adam: For the 10th of March, and it would be for 7 days until the 17th.
Pak Adam: Untuk tanggal 10 Maret, dan itu akan selama 7 hari sampai tanggal 17 Maret.

Hotel Receptionist: Very well, we have our Presidential and Junior Suites available, but we only have 2 more Double rooms available. Which would you like to book, Sir?
Resepsionis Hotel: Baiklah, kami memiliki kamar Presidential dan kamar Junior yang tersedia, tapi kami hanya memiliki 2 kamar Double lagi yang tersedia. Yang mana ingin Anda pesan, Pak?

Mr. Adam: Alright. I would like 1 double room, and the 2 Junior Suites, thank you.
Pak Adam: Baiklah. Saya ingin 1 kamar Double, dan 2 kamar Junior, terima kasih.

Hotel Receptionist: One Double room and two Junior Suites will be reserved for Mr. John Adam. Is that all, Sir?
Resepsionis Hotel: 1 kamar Double dan 2 kamar Junior akan disediakan untuk Mr. John Adam. Ada yang lain, Pak?

Mr. Adam: Yes, that is all. Thank you very much.
Pak Adam: Ya, itu saja. Terima kasih banyak.

Hotel Receptionist: You’re welcome, Mr. Adam. Have a good day.
Resepsionis Hotel: Terima kasih, Pak Adam. Semoga harimu menyenangkan.


Pembahasan Materi

Untuk bisa membuat Percakapan Bahasa Inggris tentang Membuat Reservasi Hotel Melalui Telepon, maka kalian membutuhkan Basic Tenses, Grammar dan Expression untuk dipelajari. Simak penjelasan di bawah ini:

1. Pelajari tentang Tenses

Tenses merupakan hal penting dalam membuat sebuah dialog. Simak pembahasan tentang English Tenses di sini!


Simple Present Tense
  • Situation: Mr. Adam will have a personal business out of the town. He calls Hotel Receptionist to make a reservation at the hotel.
  • Mr. Adam: It’s John Adam.
  • Hotel Receptionist: Very well, we have our Presidential and Junior Suites available, but we only have 2 more Double rooms available. Which would you like to book, Sir?
  • Hotel Receptionist: One Double room and two Junior Suites will be reserved for Mr. John Adam. Is that all, Sir?
  • Mr. Adam: Yes, that is all. Thank you very much.

Kalimat yang bercetak tebal di atas merupakan contoh kalimat Simple Present Tense. Untuk memahami materi Simple Present Tense, kalian dapat mempelajarinya di sini:


Simple Future Tense
  • Situation: Mr. Adam will have a personal business out of the town. He calls the Hotel Receptionist to make a reservation at the hotel.
  • Hotel Receptionist: One Double room and two Junior Suites will be reserved for Mr. John Adam. Is that all, Sir?

Kalimat yang bercetak tebal di atas merupakan contoh kalimat Simple Future Tense. Untuk memahami materi Simple Future Tense, kalian dapat mempelajarinya di sini:


2. Pelajari tentang Grammar

Selain Tenses, Grammar pendukung memegang peranan penting dalam sebuah percakapan, seperti:


Imperative Sentence
  • Hotel Receptionist: You’re welcome, Mr. Adam. Have a good day.

Kalimat yang bercetak tebal di atas merupakan contoh Imperative Sentence. Untuk memahami materi Imperative Sentence, kalian dapat mempelajarinya di sini:


Would like and Will have
  • Mr. Adam: Yes, I would like to make a reservation.
  • Hotel Receptionist: Thank you, Mr. Adam. When would you like to make a reservation, Sir?
  • Hotel Receptionist: Very well, we have our Presidential and Junior Suites available, but we only have 2 more Double rooms available. Which would you like to book, Sir?
  • Mr. Adam: Alright. I would like 1 double room, and the 2 Junior Suites, thank you.

Kalimat yang bercetak tebal di atas merupakan contoh kalimat Would like and Will have. Untuk memahami materi Would like and Will have, kalian dapat mempelajarinya di sini:


3. Pelajari tentang Expression

Kalian dapat menggunakan beberapa Expression dalam sebuah percakapan, seperti contoh di atas.


Using Polite Expressions
  • Hotel Receptionist: The Box Hotel. Good afternoon. How can I help you?
  • Hotel Receptionist: Yes, of course. May I have your full name, please?

Kalimat yang bercetak tebal di atas merupakan contoh kalimat Using Polite Expressions. Untuk memahami materi Using Polite Expressions, kalian dapat mempelajarinya di sini:


Expressing Gratitude
  • Mr. Adam: Alright. I would like 1 double room, and the 2 Junior Suites, thank you.
  • Mr. Adam: Yes, that is all. Thank you very much.

Kalimat yang bercetak tebal di atas merupakan contoh kalimat Expressing Gratitude. Untuk memahami materi Expressing Gratitude, kalian dapat mempelajarinya di sini:


Kesimpulan

Jadi, jika kalian ingin membuat Percakapan Bahasa Inggris tentang Membuat Reservasi Hotel Melalui Telepon. Selain Basic Tenses, Grammar dan Expression, kalian harus memahami beberapa vocabulary di bawah ini:

  • Book: an act of reserving accommodations, travel, etc., or of buying a ticket in advance. (nomina)
  • Receptionist: a person employed in an office or other establishment to answer the telephone, deal with clients, and greet visitors.  (nomina)
  • Reservation: the action of reserving something. (nomina)
  • Suites: a set of rooms designated for one person’s or family’s use or for a particular purpose.  (nomina)

Semoga contoh dialog di atas dapat membatu kalian merangkai kata dan membuat sebuah dialog Bahasa Inggris dengan kalimat dan situasi kalian masing-masing. Tetap semangat belajar! Good Luck.

Vote your voice for better articles

Best regards: PustakaBahasaInggris.com