Contoh Dialog Bahasa Inggris 4 Orang Tentang Berbelanja di Toko “Shopping Conversations”

Posted on
4.2/5 - (31 votes)

Dear Readers,

Berbelanja merupakan salah satu aktivitas yang sering kali kita lakukan setiap hari. Berbelanja dapat dilakukan di pasar tradisional atau pun supermarket bahkan di toko. Seiring berjalannya waktu, berbelanja dapat dengan mudah dilakukan karena konsumen tidak perlu melakukan transaksi di pasar atau toko tetapi konsumen dapat melakukan transaksi tersebut hanya dari sebuah komputer yang disebut dengan belanja online.

PustakaBahasaInggris.com – Jika kalian ingin berbelanja di tempat yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa utama, mungkin artikel ini bisa membatu kalian.

Simak RAHASIA Belajar Mudah Bahasa Inggris di sini:

Simak percakapan di bawah ini!

Contoh Dialog Bahasa Inggris 4 Orang Tentang Berbelanja di Toko “Shopping Conversations”

Contoh Dialog Bahasa Inggris 4 Orang Tentang Berbelanja di Toko "Shopping Conversations"
Contoh Dialog Bahasa Inggris 4 Orang Tentang Berbelanja di Toko “Shopping Conversations”

Dialog dan Terjemahan

Situation: Lucy and Tim meet Bob at the university shop.
Situasi: Lucy dan Tim bertemu Bob di toko universitas.

Lucy: Good morning, Bob. Nice to see you, how are you today?
Lucy: Selamat pagi, Bob. Senang melihat kamu, bagaimana kabar kamu hari ini?

Bob: Morning, Lucy. I’m great thanks. What are you buying?
Bob: Pagi, Lucy. Aku baik-baik saja terima kasih. Apa yang sedang kamu beli?

Lucy: I’m here with Tom, he wants to buy something for the new semester.
Lucy: Aku di sini bersama Tom, dia ingin membeli sesuatu untuk semester baru.

Bob: What do you want to buy, Tom?
Bob: Apa yang ingin kamu beli, Tom?

Tom: I want to buy a maroon university hoodie, but they all look too large and expensive.
Tom: Aku ingin membeli sebuah hoodie khas universitas warna merah marun, tapi mereka semua terlihat terlalu besar dan mahal.

Bob: You should ask the sales assistant to help you.
Bob: Kamu harus meminta asisten penjualan untuk membantu.

Tom: Excuse me, please. Do you have a small hoodie which is not too expensive?
Tom: Permisi. Apakah Anda memiliki hoodie berukuran kecil yang tidak terlalu mahal?

Sales Assistant: Please look at our sale items in the second aisle. The hoodies are cheaper but I don’t know what we have in stock. You can try clothes on in the fitting cubicle.
Asisten Penjualan: Silakan melihat item penjualan di lorong kedua. Hoodie lebih murah tapi saya tidak tahu apa yang kita miliki dalam gudang. Anda dapat mencoba pakaian di dalam bilik pas.

Tom: Thank you. Look at this one, Lucy. I really like it and it’s cheap as well. The label shows it’s only £10.50.
Tom: Terima kasih. Lihatlah satu ini, Lucy. Aku benar-benar menyukainya dan itu murah juga. Label menunjukkan itu hanya £ 10,50.

Lucy: That is the right size, it fits you and is not baggy. Put it back on the hanger and let’s go and pay for it.
Lucy: Itu adalah ukuran yang tepat, cocok buat kamu dan tidak longgar. Letakkan kembali di gantungan dan mari kita pergi dan membayar itu.

Bob: Oh, Tom, I almost forgot, you can use my loyalty card to receive an additional 10% discount.
Bob: Oh, Tom, aku hampir lupa, Kamu dapat menggunakan kartu langganan ku untuk menerima tambahan diskon 10%.

Tom: That is very kind of you, Bob. I have saved a lot of money today. I can now afford to buy some new books.
Tom: Kamu sangat baik sekali, Bob. Aku telah menghemat banyak uang hari ini. Aku sekarang mampu untuk membeli beberapa buku baru.

Lucy: The bookshop has a clearance sale next door. Would you like to go and have a look with us, Bob?
Lucy: Toko buku di sebelah ada obral. Apakah kamu ingin pergi dan melihat dengan kami, Bob?

Bob: Yes, I also need some books. Come on, let’s go!
Bob: Ya, saya juga perlu beberapa buku. Ayo pergi!


Pembahasan Materi

Dari situasi di atas, anda dapat memahami bagaimana melakukan percakapan di toko pakaian untuk membeli suatu produk. Berikut ini adalah kalimat yang sering muncul pada saat percakapan di toko:

  • Bob: What do you want to buy, Tom?
Kalimat ini menyatakan bahwa anda (jika anda adalah Bob) ingin mengetahui apa yang sedang teman anda cari atau butuhkan. Ada kemungkinan anda akan membantu teman anda tersebut.

  • Tom: I want to buy a maroon university jumper, but they all look too large and expensive.
Kalimat ini adalah respon balik yang berarti teman anda bersedia memberikan jawaban atas pertanyaan yang anda ajukan sebelumnya. Tetapi teman anda memiliki masalah dengan barang yang dicari, itu dikarenakan barang atau benda tersebut tidak tepat untuk ukuran badan dan juga harganya mahal.

  • Bob: You should ask the sales assistant to help you.
Kalimat ini adalah kalimat saran atas masalah yang sedang dihadapi oleh teman anda.

  • Tom: Excuse me, please. Do you have a small hoodie which is not too expensive?
Kalimat tanya ini yang berarti anda (jika anda adalah Tom) berharap bila ada sebuah benda atau barang yang di dalam kalimat ini diwakili oleh kata “hoodie” memiliki ukuran yang tepat dengan ukuran badan anda dan juga harganya tidak terlalu mahal.  

  • Sales Assistant: Please look at our sale items in the second aisle. The hoodies are cheaper but I don’t know what we have in stock. You can try clothes on in the fitting cubicle.
Kalimat ini adalah keramah tamahan seorang penjaga toko untuk membebaskan pelanggannya memilih barang atau benda yang disukai sesuai dengan ketersediaan barang atau benda yang ada di toko tersebut.

  • Tom: Look at this one, Lucy. I really like it and it’s cheap as well. The label shows it’s only £10.50.
Kalimat ini berarti anda (jika anda adalah Tom) meminta pendapat tentang barang atau benda yang anda sukai, baik itu dalam ukuran atau harga. Biasanya harga barang atau benda yang ada di toko sudah memiliki harga di dalam produk itu sendiri.

  • Lucy: That is the right size, it fits you and is not baggy. Put it back on the hanger and let’s go and pay for it.
Kalimat ini adalah kalimat opini atau pendapat atas respon yang anda (jika anda adalah Tom) minta sebelumnya. Respon pada kalimat ini adalah positif karena memberikan pendapat yang sesuai dengan harapan (tepat untuk ukuran dan harga pun tidak terlalu mahal).

  • Bob: Oh, Tom, I almost forgot, you can use my loyalty card to receive an additional 10% discount.
Kalimat ini adalah sebuah tawaran bantuan atau pertolongan untuk memberikan pengurangan harga atas barang atau benda yang akan dibayar. Biasanya apabila anda sudah menjadi pelanggan di salah satu toko, maka anda akan memiliki kartu khusus untuk pelanggan dan fungsi dari kartu itu adalah memberikan potongan harga dari harga normal.

Ringkasan

Dalam situasi percakapan di atas anda dapat memahami aspek-aspek apa yang ada pada saat anda melakukan percakapan di toko.
  1. Tentukan jenis barang apa yang akan anda beli. “I want to buy a maroon university hoodie.”
  2. Pilih ukuran dan harga yang sesuai dengan ukuran dan harga yang anda cari, bila tidak menemukan silahkan bertanya kepada penjaga toko. “Do you have a small hoodie which is not too expensive?”
  3. Bila anda berbelanja di toko, ada beberapa toko yang sudah meletakkan harga pada produknya dan anda boleh bertanya kepada penjaga toko untuk harga khusus atau potongan harga “Do you have a special price for this product?” karena biasanya beberapa produk yang ada di toko memberikan harga yang khusus sebagai promosi untuk toko atau produk tersebut. Tetapi biasanya harga yang ada pada suatu produk adalah harga akhir “The label shows it’s only £10.50.”

Shopping Conversation Exercise

Exercise – Fill in the Blanks

Shopping conversation in this exercise has blanks that you need to fill by selecting the correct option (A-D) for the 5 questions that follow the conversation.

Situation: Mat goes to the clothes store to return a coat he bought last week.

Sales assistant: Good afternoon, Sir. How can I help you?

Mat: Hi, I want to _______(1)________

Sales assistant: Please speak to my supervisor. She is in charge of returns.

Supervisor: Hello, how may I assist you?

Mat: I’d like to return this coat, please.

Supervisor: Is there anything wrong with it?

Mat: Yes. The stitching has come apart near the hood.

Supervisor: I just need to know how you paid for this item and if you still have the receipt.

Mat: I paid by cash, but unfortunately ____________(2)____________.

Supervisor: I am afraid I will only be able to offer you a store voucher.

Mat: I understand. I really like the design of the coat. Is it possible to have a replacement?

Supervisor: That is not a problem. I will check to see if we have another one in stock.

Mat: Thanks.

Supervisor: I’m sorry. We don’t have that design in stock but we have a similar design which is the same price. We can do an exchange for you. Here it is.

Mat: I really like it. ________(3)________.

Supervisor: Would you like to try it on to make sure it fits you? The fitting cubicle is over there.

Mat: No, thanks. ______(4)_________.

Supervisor: Is there anything else you want to buy today as we have a promotion on sportswear.

Mat: No, not today. I would just like the exchange, please.

Supervisor: Let me remove the security tag for you. Would you like the hanger, too?

Mat: No, thanks. I have many at home.

Supervisor: Here is your receipt ______(5)_______. Have a nice day.

Mat: Thank you for your help. Have a nice day, too.


Choose the best option (A-D) in the following five questions to fill in the blanks in the shopping conversation given above.

1) Which option is the best to fill in the first blank?
    A)  Return an item
    B)  Buy a new coat
    C)  Buy another coat
    D)  Return an umbrella
2) Which option is the best to fill in the second blank?
    A)   Here is my receipt
    B)   Yes. I have my receipt.
    C)   I don’t usually keep receipts.
    D)   I want a new coat
3) Which option is the best to fill in the third blank?
    A)   I don’t like the color.
    B)   It’s exactly the style I like.
    C)   I want a refund.
    D)   I don’t like that design.
4) Which option is the best to fill in the fourth blank?
    A)   I think I should try it on.
    B)   Yes, I will try it on.
    C)   I don’t like this style.
    D)   A medium size always fits me perfectly.
5) Which option is the best to fill in the fifth blank?
    A)   For the refund
    B)   For your exchange
    C)   For your purchase
    D)   For your new jeans

Simak Materi Listening tentang Go Shopping di sini:

Pelajari juga contoh Percakapan tentang Go Shopping yang lain di sini:

Semoga contoh dialog di atas dapat membatu kalian merangkai kata dan membuat sebuah dialog Bahasa Inggris dengan kalimat dan situasi kalian masing-masing. Tetap semangat belajar! Good Luck.