Dialog Bahasa Inggris 4 Orang di Kantor Pos tentang Procedure “How to Send Package at the Post Office”

Posted on

Dear Readers,

Pernah pergi ke kantor pos, guys?

PustakaBahasaInggris.com – Pada era muda saya, cie..cie.. ^_^ kantor pos memiliki peranan yang sangat penting sebagai media komunikasi. Hal ini dikarenakan, pada saat itu saya belum punya telepon untuk berkomunikasi jarak jauh sehingga surat yang menjadi andalan untuk orang-orang seperti saya. Yaah… aku mah apa atuh!
Seiring berkembangnya teknologi, kantor pos mengalami beberapa revolusi fungsi. Ada beberapa perusahaan yang masih menggunakan jasa layanan ini untuk mengirim surat formal kepada konsumen mereka. Tetapi jarang sekali sekarang orang yang mau mengirim surat formal atau nonformal melalui POS, karena mereka sudah menggunakan jasa telekomunikasi yang lebih canggih, seperti SMS, EMAIL, WA, BBM, FACEBOOK dkk. Ada beberapa hal yang hanya bisa dilakukan oleh POS, seperti yang ada dalam percakapan Formal dan Informal di bawah ini. Simak yuk!

Simak yuk!

Dialog Bahasa Inggris 4 Orang di Kantor Pos tentang Procedure "How to Send Package at the Post Office"

Dialog Bahasa Inggris 4 Orang di Kantor Pos tentang Procedure “How to Send Package at the Post Office”


Dialog dan Terjemahan

Situation: Dolph will send a package to his brother. He will need a little help from Jack to come with him. They will go to Post Office to send that package. What’s going on? Check this following conversation!
(Situasi: Dolph akan mengirimkan sebuah paket ke saudaranya. Dia akan membutuhkan sedikit bantuan dari Jack untuk ikut bersamanya. Mereka akan pergi ke Kantor Pos untuk mengirim paket itu. Apa yang sedang terjadi? Simak percakapan berikut!)

………………………..at the house
…………………di rumah

Jack: What’s that. Dolph?
(Apa itu, Dolph)

Dolph: Oh, this is a package for my brother. I will send it via POS.
(Oh, ini sebuah paket untuk saudara laki-laki ku. Aku akan mengirimnya lewat jasa POS)

Jack: That’s huge. It must be expensive.
(Paket nya besar sekali. Itu pasti mahal)

Dolph: It doesn’t matter, Jack. This package is very important for him. So I must be hurry to bring it to the Post Office. Do you want to help me?
(Itu tidak masalah, Jack. Paket ini sangat penting baginya. Jadi aku harus cepat-cepat untuk membawanya ke kantor pos. Apakah kamu mau membatu ku?)

Jack: Don’t worry, man. I’ll help you.
(Jangan kuatir, teman. Aku akan membantu mu)

Dolph: Thanks.
(Terima kasih)

Jack: Oke, I’ll open the door and preparing the car. You bring it into the car, alright.
(Oke, aku akan membuka pintu dan menyiapkan mobil. Kamu bawa paket nya ke mobil, ya)

Dolph: Alright.
(Baiklah)

……………………at the Post Office
………………………………..di Kantor Pos

Security: May I help you, sir?
(Bisakah saya membantu kalian, pak?)

Jack: We will send the package.
(Kami akan mengirim paket)

Security: Where will you send that package?
(Kemana kalian akan mengirim paket itu)

Dolph: I’ll send it to Jakarta.
(Aku akan mengirim nya ke Jakarta)

Security: What is the package, sir?
(Apa isi paket nya, pak?)

Dolph: It’s some books and tools for academic research.
(Ini berisi beberapa buku dan alat untuk penelitian akademik)

Security: Alright. This your queue number at the Customer Service 7th. He will help you to send your package.
(Baiklah. Ini nomor antri di pelayanan pelanggan 7. Dia akan membantu Anda untuk mengirim paket Anda)

Dolph: Thaks a lot, sir.
(Terima kasih banyak, pak)

Security: You’re welcome.
(Kembali)

……………………..a few minutes later
…………………beberapa menit kemudian

Customer Service: May I help you, sir?
(Biasa saya bantu, pak?)

Dolph: I will send the package.
(Saya akan mengirim paket)

Customer Service: Alright. What is the package, sir?
(Baiklah. Apa isi paket nya, pak?)

Dolph: It’s some books and tools for academic research.
(Ini berisi beberapa buku dan alat untuk penelitian akademik)

Customer Service: Where will you send the package, sir?
(Kemana Anda akan mengirim paket nya, pak?) 

Dolph: I’ll send it into Jakarta and this is the address.
(Saya akan mengirim nya ke Jakarta dan ini alamat nya)

Customer Service: I will check the address first and your package also. May I borrow your identity card?
(Saya akan mengecek alamat nya terlebih dahulu dan begitu juga dengan paket nya. Boleh saya pinjam KTP Anda?)

Dolph: Alright.
(Baiklah)

Customer Service: Please wait a moment.
(Tolong tunggu sebentar)

Dolph: Oke.
(Oke)

……………………a few minutes later
………………….beberapa menit kemudian

Customer Service: This your identity card, sir. The address is available. Please write down your phone number and the receiver.
(Ini KTP Anda, pak. Alamatnya tersedia. Tolong tulis nomor telepon Anda dan juga penerima)

Dolph: Alright.
(Baiklah)

Customer Service: Weight of the package is 10 kg. The price to Jakarta is Rp. 19.000,-/ kg. So It will be Rp. 190.000,-
(Berat paket nya adalah 10 kg. Harga untuk ke Jakarta adalah Rp. 19.000,-/ kg. Jadi harganya akan menjadi Rp. 190.000,-) 

Dolph: Do you accept credit card?
(Apakah Anda menerima kartu kredit?)

Customer Service: We are sorry, sir. We accept cash only.
(Kami minta maaf, pak. Kami hanya menerima uang tunai)

Dolph: Alright. Please wait a minute. Jack! Do you bring some money? I only have Rp. 100.000,- but the package is Rp. 190.000,- . I’ll lend you some.
(Baiklah. Tolong tunggu sebentar. Jack! Apakah kamu membawa uang? Aku hanya punya Rp. 100.000,- tapi paket nya seharga Rp. 190.000,-. Aku pinjam kamu beberapa)

Jack: Don’t they accept credit card?
(Tidakkah mereka menerima kartu kredit?)

Dolph: Nope. They accept cash only.
(Tidak. Mereka hanya menerima uang tunai)

Jack: What the hell!
(Apa-apaan!)

Dolph: You have some, right?
(Kamu membawa beberapa, kan?)

Jack: I did’t bring anyting, man. We use your car and my wallet on your home.
(Aku tidak membawa apapun, teman. Kita menggunakan mobil mu dan dompet ku ada di rumah mu)

Dolph: Damn it! You find ATM around here. This is my card and PIN is 91****.
(Sialan! Kamu temukan ATM di sekitar sini. Ini kartu nya dan nomor PIN nya 91****)

Jack: Roger that.
(Siyaaap)

………………………..a few minutes later
………………..beberapa menit kemudian

Jack: Here you are. I took Rp. 300.00,-
(Ini dia. Aku mengambil Rp. 300.000,-)

Dolph: That’s too much but… that’s oke. Thanks.
(Itu banyak sekali tapi…tidak apalah. Terima kasih)

Jack: No importa, amigo. (mexican language)
(Tidak masalah, teman)

Dolph: I am sorry for waiting. This is the money, sir. Rp. 200.000,- and you can keep the change.
(Saya minta maaf untuk menunggu. Ini uangnya, pak. Rp. 200.000,- dan Anda bisa ambil kembaliannya)

Customer Service: Alright. This is your receipt number. It will be 3 to 4 days into the destination. Thank you and have a nice day, sir.
(Baiklah. Ini nomor pengiriman Anda. Itu akan 3 sampai 4 hari ke alamat tujuan. Terima kasih dan semoga hari Anda menyenangkan)

Dolph: Thanks.
(Terima kasih)


Kejadian dalam cerita di atas hanya fiktif belaka, bila terjadi kesamaan tokoh dan tempat kejadian. Itu hanya kebetulan saja.

Kita bahas secara singkat hubungan dialog di atas dengan materi Procedure.

Kalian ingat kan jika Procedure merupakan sebuah tahapan dan langkah-langkah untuk sebuah proses. Nah cerita di atas adalah beberapa langkah yang harus kalian siapkan pada saat akan mengirim barang.

  1. Siapkan Paket kalian. (jangan berisi boom ya sob!)
  2. Pergi ke tempat jasa pengiriman yang ada di sekitar kalian. Dalam cerita ini POS INDONESIA merupakan salah satu jasa pengiriman yang sudah tidak diragukan kinerja nya secara umum.
  3. Siapkan berkas penunjang untuk proses pengiriman (alamat lengkap baik pengirim dan penerima sesuai dengan identitas. Hal ini memudahkan kurir untuk menyampaikan paket kalian dengan selamat)
  4. Jangan lupa administrasi (Siapkan uang secukupnya. Gunakan tunai lebih baik karena tidak semua jasa ekspedisi memiliki fasilitas kartu kredit seperti cerita di atas)
  5. Bila semua proses sudah dilakukan dengan baik dan benar, maka kalian akan diberikan Nores (Nomor Resi) ini adalah bukti sah bahwa kalian telah ter-verifikasi. Maksudnya bahwa paket dan identitas kalian sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku oleh jasa ekspedisi yang bersangkutan.
  6. Selesai. Sekian dan terima kasih ^_^

Baca juga contoh Percakapan Procedure yang lain di sini:

Untuk Procedure Text, dapatkan Materi nya di sini:

Semoga contoh dialog di atas dapat membatu kalian merangkai kata dan membuat sebuah dialog Bahasa Inggris dengan kalimat dan situasi kalian masing-masing. Tetap semangat belajar! Good Luck.

Vote your voice for better articles

Best regards: PustakaBahasaInggris.com