Dear Readers,
Procedure memberikan sebuah pengalaman hidup bahwa segala sesuatu sudah pasti akan ada suatu proses untuk menuju ke sebuah hasil akhir. Tidak ada yang “bim sala bim abra kadabra” di dunia ini.
PustakaBahasaInggris.com – Artikel hari ini, saya akan memberikan kalian sebuah contoh Kumpulan Dialog Bahasa Inggris tentang Procedure Lengkap dengan Terjemahan dan Pembahasan Materi.
Table of Contents
Kumpulan Dialog Bahasa Inggris tentang Procedure Lengkap dengan Terjemahan dan Pembahasan Materi
A. Pengertian Procedure Text
Procedure Text is a text that is designed to describe how something is achieved through a sequence of actions or steps.
Jadi yang dimaksud dengan Procedure Text adalah sebuah genre of text yang berfungsi untuk menggambarkan bagaimana sesuatu dilakukan atau dicapai melalui sistematis urutan tindakan atau langkah yang benar secara berurutan.
B. Tujuan Procedure Text
Tujuan komunikatif dari Procedure Text adalah bagaimana penulis mampu memberikan pemahaman kepada pembaca tentang cara melakukan, menyelesaikan atau mencapai sesuatu dengan cara yang berurutan dan benar atau prosedural.
C. Generic Structure Procedure Text
Ada 4 tahap yang harus anda pahami dan mengerti tentang bagaimana membuat Procedure Text yang baik, Simak penjelasan berikut ini!
1. The Goal of Activity
Bagian ini menjelaskan tentang apa yang akan dibuat atau dicapai melalui serangkaian langkah yang akan dijelaskan pada paragraf berikutnya sehingga pembaca memiliki pemahaman yang sama tentang apa yang sedang dibicarakan. Berikan sedikit Deskripsi umum tentang apa yang akan anda bicarakan. Karena ini akan membantu membangun fantasi dan imajinasi pembaca sehingga pembaca akan dapat dengan mudah memahami tentang apa yang akan anda sampaikan selanjutnya.
2. Material of Procedure
Bagian ini menjelaskan tentang alat atau bahan materi pendukung dalam membuat sebuah Procedure Text. Pastikan semua alat atau bahan materi dipersiapkan dengan lengkap dan baik. Pastikan semua peralatan dipersiapkan dengan baik.
3. Steps of Goal
Bagian ini menjelaskan tentang langkah-langkah yang harus dilakukan secara sistematis atau berurutan. Jadi pada bagian ini penjelasannya harus secara urut dan tidak boleh meloncat ke langkah berikutnya.
4 Conclusion
Kesimpulan yang berisi tentang hasil akhir dari apa yang telah dikerjakan sesuai dengan langkah-langkah yang telah ditentukan.
D. Ciri-ciri Procedure Text
1. Imperative
Menggunakan pola kalimat Imperative (perintah).
contoh:
Pour Cappuccino into a cup, add sugar on the cup, boil the water, and many more.
2. Action Verbs
Menggunakan Action Verbs (kata kerja).
contoh:
Cut, Add, Put, Boil, and many more.
3. Conjunctions
Menggunakan Conjunctions (kata penghubung) untuk memberi urutan pada kegiatan.
contoh:
First, Then, While, After that, Next, Finally and many more.
4. Adverbs
Menggunakan Adverbs (kata keterangan waktu) untuk menyatakan rinci waktu, tempat, cara yang akurat.
contoh:
Five minutes, 2 hours, 30 second to a minute, and many more.
5. Simple Present
Menggunakan Simple Present
contoh:
Cappuccino is the best coffee. Cappuccino has cafein. It is simple and easy, and many more
Dialog 1
Dialog Bahasa Inggris 4 Orang di Kantor Pos tentang Procedure “How to Send Package at the Post Office”
……at the house
……di rumah
Jack: What’s that. Dolph?
(Apa itu, Dolph)
Dolph: Oh, this is a package for my brother. I will send it via POS.
(Oh, ini sebuah paket untuk saudara laki-laki ku. Aku akan mengirimnya lewat jasa POS)
Jack: That’s huge. It must be expensive.
(Paket nya besar sekali. Itu pasti mahal)
Dolph: It doesn’t matter, Jack. This package is very important for him. So I must be hurry to bring it to the Post Office. Do you want to help me?
(Itu tidak masalah, Jack. Paket ini sangat penting baginya. Jadi aku harus cepat-cepat untuk membawanya ke kantor pos. Apakah kamu mau membatu ku?)
Jack: Don’t worry, man. I’ll help you.
(Jangan kuatir, teman. Aku akan membantu mu)
Dolph: Thanks.
(Terima kasih)
Jack: Oke, I’ll open the door and preparing the car. You bring it into the car, alright.
(Oke, aku akan membuka pintu dan menyiapkan mobil. Kamu bawa paket nya ke mobil, ya)
Dolph: Alright.
(Baiklah)
…………….at the Post Office
…………….di Kantor Pos
Security: May I help you, sir?
(Bisakah saya membantu kalian, pak?)
Jack: We will send the package.
(Kami akan mengirim paket)
Security: Where will you send that package?
(Kemana kalian akan mengirim paket itu)
Dolph: I’ll send it to Jakarta.
(Aku akan mengirim nya ke Jakarta)
Security: What is the package, sir?
(Apa isi paket nya, pak?)
Dolph: It’s some books and tools for academic research.
(Ini berisi beberapa buku dan alat untuk penelitian akademik)
Security: Alright. This your queue number at the Customer Service 7th. He will help you to send your package.
(Baiklah. Ini nomor antri di pelayanan pelanggan 7. Dia akan membantu Anda untuk mengirim paket Anda)
Dolph: Thaks a lot, sir.
(Terima kasih banyak, pak)
Security: You’re welcome.
(Kembali)
…………………a few minutes later
……………..beberapa menit kemudian
Customer Service: May I help you, sir?
(Biasa saya bantu, pak?)
Dolph: I will send the package.
(Saya akan mengirim paket)
Customer Service: Alright. What is the package, sir?
(Baiklah. Apa isi paket nya, pak?)
Dolph: It’s some books and tools for academic research.
(Ini berisi beberapa buku dan alat untuk penelitian akademik)
Customer Service: Where will you send the package, sir?
(Kemana Anda akan mengirim paket nya, pak?)
Dolph: I’ll send it into Jakarta and this is the address.
(Saya akan mengirim nya ke Jakarta dan ini alamat nya)
Customer Service: I will check the address first and your package also. May I borrow your identity card?
(Saya akan mengecek alamat nya terlebih dahulu dan begitu juga dengan paket nya. Boleh saya pinjam KTP Anda?)
Dolph: Alright.
(Baiklah)
Customer Service: Please wait a moment.
(Tolong tunggu sebentar)
Dolph: Oke.
(Oke)
………..a few minutes later
……….beberapa menit kemudian
Customer Service: This your identity card, sir. The address is available. Please write down your phone number and the receiver.
(Ini KTP Anda, pak. Alamatnya tersedia. Tolong tulis nomor telepon Anda dan juga penerima)
Dolph: Alright.
(Baiklah)
Customer Service: Weight of the package is 10 kg. The price to Jakarta is Rp. 19.000,-/ kg. So It will be Rp. 190.000,-
(Berat paket nya adalah 10 kg. Harga untuk ke Jakarta adalah Rp. 19.000,-/ kg. Jadi harganya akan menjadi Rp. 190.000,-)
Dolph: Do you accept credit card?
(Apakah Anda menerima kartu kredit?)
Customer Service: We are sorry, sir. We accept cash only.
(Kami minta maaf, pak. Kami hanya menerima uang tunai)
Dolph: Alright. Please wait a minute. Jack! Do you bring some money? I only have Rp. 100.000,- but the package is Rp. 190.000,- . I’ll lend you some.
(Baiklah. Tolong tunggu sebentar. Jack! Apakah kamu membawa uang? Aku hanya punya Rp. 100.000,- tapi paket nya seharga Rp. 190.000,-. Aku pinjam kamu beberapa)
Jack: Don’t they accept credit card?
(Tidakkah mereka menerima kartu kredit?)
Dolph: Nope. They accept cash only.
(Tidak. Mereka hanya menerima uang tunai)
Jack: What the hell!
(Apa-apaan!)
Dolph: You have some, right?
(Kamu membawa beberapa, kan?)
Jack: I did’t bring anyting, man. We use your car and my wallet on your home.
(Aku tidak membawa apapun, teman. Kita menggunakan mobil mu dan dompet ku ada di rumah mu)
Dolph: Damn it! You find ATM around here. This is my card and PIN is 91****.
(Sialan! Kamu temukan ATM di sekitar sini. Ini kartu nya dan nomor PIN nya 91****)
Jack: Roger that.
(Siyaaap)
…………a few minutes later
…………….beberapa menit kemudian
Jack: Here you are. I took Rp. 300.00,-
(Ini dia. Aku mengambil Rp. 300.000,-)
Dolph: That’s too much but… that’s oke. Thanks.
(Itu banyak sekali tapi…tidak apalah. Terima kasih)
Jack: No importa, amigo. (mexican language)
(Tidak masalah, teman)
Dolph: I am sorry for waiting. This is the money, sir. Rp. 200.000,- and you can keep the change.
(Saya minta maaf untuk menunggu. Ini uangnya, pak. Rp. 200.000,- dan Anda bisa ambil kembaliannya)
Customer Service: Alright. This is your receipt number. It will be 3 to 4 days into the destination. Thank you and have a nice day, sir.
(Baiklah. Ini nomor pengiriman Anda. Itu akan 3 sampai 4 hari ke alamat tujuan. Terima kasih dan semoga hari Anda menyenangkan)
Dolph: Thanks.
(Terima kasih)
Pembahasan Materi
Kita bahas secara singkat hubungan dialog di atas dengan materi Procedure.
Kalian ingat kan jika Procedure merupakan sebuah tahapan dan langkah-langkah untuk sebuah proses. Nah cerita di atas adalah beberapa langkah yang harus kalian siapkan pada saat akan mengirim barang.
- Siapkan Paket kalian. (jangan berisi boom ya sob!)
- Pergi ke tempat jasa pengiriman yang ada di sekitar kalian. Dalam cerita ini POS INDONESIA merupakan salah satu jasa pengiriman yang sudah tidak diragukan kinerja nya secara umum.
- Siapkan berkas penunjang untuk proses pengiriman (alamat lengkap baik pengirim dan penerima sesuai dengan identitas. Hal ini memudahkan kurir untuk menyampaikan paket kalian dengan selamat)
- Jangan lupa administrasi (Siapkan uang secukupnya. Gunakan tunai lebih baik karena tidak semua jasa ekspedisi memiliki fasilitas kartu kredit seperti cerita di atas)
- Bila semua proses sudah dilakukan dengan baik dan benar, maka kalian akan diberikan Nores (Nomor Resi) ini adalah bukti sah bahwa kalian telah ter-verifikasi. Maksudnya bahwa paket dan identitas kalian sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku oleh jasa ekspedisi yang bersangkutan.
- Selesai. Sekian dan terima kasih ^_^
Temukan Dialog selanjutnya pada halaman ke-2