12 Motivation Skills – Teknik Motivasi Mengajar Dalam Bahasa Inggris

Posted on
5/5 - (2 votes)

Dear Readers,

Ketika Anda menjadi guru profesional, Anda mungkin menemukan bahwa Anda memerlukan berbagai strategi berbeda untuk membuat siswa tetap termotivasi, terutama saat mereka merasa lelah atau terganggu. Ada beberapa cara spesifik dan khusus yang dapat Anda lakukan saat mengajar terutama yang berhubungan dengan motivasi diri.

PustakaBahasaInggris.com – Artike ini mencantumkan beberapa teknik motivasi yang hebat yang dapat digunakan saat mengajar, membantu motivasi jangka pendek dan jangka panjang siswa.

Motivation Skills – Teknik Motivasi Mengajar Dalam Bahasa Inggris

Motivation Skills – Teknik Motivasi Mengajar Dalam Bahasa Inggris

A. Short-Term Motivation Techniques

These techniques can be used during a teaching session to keep your students motivated and help them to focus and concentrate.


State Clear Objectives

At the beginning of a session, it is usually helpful to clearly state what you expect your students to learn.

Jauh lebih mudah bagi siswa untuk terus berjalan jika mereka bertujuan untuk ‘menjelaskan mengapa A menulis sepucuk surat kepada B’ daripada ‘memeriksa hubungan mendalam antara A dan B’.


State Clear Timings

It is also useful to tell your students how long a particular exercise or part of the class is likely to last.

Jika siswa Anda tahu bahwa Anda akan memulai sesi praktis setengah jam, mereka cenderung membuang waktu untuk memikirkan peralatan di depan.


Vary your Lessons

If you always follow the same routine of talking through a topic and then making students answer a question sheet individually, they’ll get bored.

Namun, jika, misalnya, Anda dapat menunjukkan film pendek yang relevan kepada kelas Anda dan kemudian membuat mereka melakukan “brainstorming” gagasan mereka dalam kelompok untuk dipajang di poster, mereka akan menggunakan keterampilan dan pendekatan pembelajaran yang berbeda. Bereksperimenlah dengan berbagai cara pengajaran dan temukan apa yang terbaik untuk grup Anda.

  • Use Learning Incentives (Bribery!)
  • Use a ‘carrot and stick’ approach.

Memberitahu murid-murid Anda bahwa mereka dapat memainkan permainan belajar di akhir pelajaran jika mereka telah melakukan pekerjaan tertulis yang diperlukan dapat membantu mempertahankan tugas mereka.


Assess Their Learning

Warning your students that there will be a quick spot test at the end of the session or the start of the next one, may help to ensure that they listen to you.

Tes cepat terhadap sepuluh pertanyaan mendasar dapat memberi tahu Anda banyak tentang tingkat keterlibatan mereka, dan pujian yang Anda tawarkan pada nilai terbaik akan memberi semangat.


B. Long-Term Motivation Techniques

Although short-term motivation can help get you and your students through a teaching session, longer-term motivational tactics have the potential to be a lot more powerful


Create a Good Atmosphere in your Sessions

Students are most likely to do well if they offer encouragement to one another and if they feel that they can make mistakes without being mocked or told off. They are unlikely to take risks unless they are supported in doing so.

Pujilah mereka yang mencoba dan tidak mentolerir orang-orang yang membuat orang lain tidak mencoba.


Relate Current Outcomes to a Future Exam or Assessment

Telling your class roughly what grade or score they are likely to get by working at their current level is often highly motivating, especially if it is lower than they would wish.

Berbicara dengan kelas secara keseluruhan berarti semua orang terlibat dan motivasi kelompok cenderung meningkat sebagai hasilnya.


Explain how they can Improve

This is most effective if you can offer feedback to the students individually.

Jika siswa secara konsisten kehilangan detail yang lebih baik atau menjawab pertanyaan terlalu lambat dan tidak mencapai yang terakhir, pastikan mereka mengetahui hal ini. Menemukan bahwa mereka dapat memperbaiki nilai mereka dengan mencoba beberapa teknik sederhana dapat menjadi dorongan bagi mereka secara lebih umum.


Build Rapport

Students generally want to do better for teachers that they like.

Sebaiknya Anda meminta siswa tertentu untuk tetap berada di belakang untuk berdiskusi singkat dengan Anda: mereka mungkin dengan senang hati mengemukakan kekhawatiran Anda secara individu dan pribadi sehingga mereka tidak akan pernah membesarkan orang lain.


Talk to Colleagues

If there is a particular student whose performance worries you, it might be worth finding out if you are the only one with concerns.

Jika seorang guru tertentu bertanggung jawab atas pelayanan mereka, mereka harus tahu tentang kekhawatiran Anda dan mungkin menyadari penjelasan untuk mereka, seperti keluarga atau masalah kesehatan.


Talk to Parents

If you teach children, you will have some kind of parent-teacher conference during the school year.

Ini bisa menjadi waktu yang ideal untuk meminta orang tua untuk mendukung Anda dalam mendorong siswa untuk bekerja lebih keras atau untuk mendapatkan wawasan tentang situasi di luar sekolah yang mungkin membatasi penampilan mereka. Terkadang hal ini bisa menimbulkan masalah yang diperdebatkan.


Reflect Performance Fairly

If you consistently tell your students that they need to work harder, even when they have performed well for you, they will become very disenchanted.

Demikian pula, pujian yang berlebihan atas tugas yang mudah dapat mendorong mereka untuk percaya bahwa mereka dapat lolos dari apapun.


Be honest and realistic with your feedback

Differences between Students

It can be hard for less able students to stay motivated if no amount of work brings them a top grade.

Similarly, able students may feel cheated if an average student is celebrated for achieving the kind of good mark that they manage all the time.

Ini dapat membantu jika Anda dapat menawarkan siswa ‘kelas target’ sehingga mereka merasa dinilai berdasarkan kemampuan mereka sendiri.

Menetapkan nilai target membutuhkan pengetahuan yang baik tentang siswa Anda dan dapat dilakukan dengan sangat baik dalam konsultasi dengan rekan kerja, namun sangat berharga jika siswa Anda merasa bahwa mereka bertujuan untuk sesuatu yang realistis dan dapat dicapai untuk mereka.


Your ultimate goal as a teacher is not just to give your students some knowledge but to aid their development as individuals.

Hopefully, they will develop a Lifelong Learning mindset so that they never stop growing as individuals.