Strategi, Tips, dan Trik Menjawab Tes TOEFL Listening Comprehension Part A

Posted on

Dear Readers,

Kali ini saya akan berbagi Strategi, Tips, dan Trik Menjawab Tes TOEFL Listening Comprehension.

Simak yuk…

Strategi, Tips, dan Trik Menjawab Tes TOEFL Listening Comprehension Part A

Strategi, Tips, dan Trik Menjawab Tes TOEFL Listening Comprehension PART – A


LISTENING COMPREHENSION

Listening Comprehension Section bertujuan menguji kemampuan Anda dalam memahami bahasa lisan. Untuk bisa memahami bahasa lisan tersebut, selain harus membiasakan diri mendengarkan bahasa Inggris lisan, Anda juga harus memiliki pengetahuan struktur bahasa (tata bahasa) Inggris yang memadai. Semua kalimat dalam bagian ini menggunakan kalimat yang gramatikal (benar menurut tata bahasa) dan biasanya dalam bentuk kalimat lengkap. Semua kalimat tersebut diucapkan dalam percakapan bahasa Inggris.

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan Listening Comprehension dengan baik, Anda dituntut memiliki kemampuan untuk:

(1) memahami tekanan dan nada;
(2) memahami perbedaan bunyi;
(3) memahami idioms;
(4) memahami ungkapan-ungkapan percakapan;
(5) memahami kelompok atau frase kata kerja;
(6) menemukan informasi yang tersirat (tak dinyatakan secara jelas);
(7) memahami perbandingan; dan
(8) memahami makna/isi percakapan atau pembicaraan.

TIPS

1. Pahami bentuk-bentuk perintah (direction) pada masing-masing bagian (part) dengan baik sebelum hari “H” ujian.
2. Bacalah pilihan pada masing-masing soal sebanyak mungkin ketika narator sedang membacakan direction dan contoh soal (example).
3. Dengarkan dengan penuh konsentrasi dan fokuskan perhatian Anda pada percakapan yang sedang Anda dengarkan.
4. Memaksimalkan kemampuan listening Anda pada soal-soal pertama pada masing-masing part.


Jenis-Jenis Pertanyaan

Anda sangat perlu memahami berbagai bentuk pertanyaan Listening Comprehension seperti berikut ini.
1. Pertanyaan yang menanyakan Pikiran Utama (Main Idea)

  • What is the main idea of this talk! (Apa pikiran utama dari percakapan ini?)
  • What are they talking about? (Apa yang sedang mereka bicarakan?)

2. Pertanyaan yang menanyakan Topik Pembicaraan

  • What is the text about? (Tentang apa teks tersebut?)
  • What is the talk about? (Tentang apa percakapan tersebut?)
  • What does the text talk about? (Teks tersebut membicarakan tentang apa?)
  • What is the topic of this talk? (Apa topik dari percakapan ini?)

3. Pertanyaan yang menanyakan Simpulan (Conclusion /Inference)

  • What can we infer from the talk? (Apa yang bisa kita simpulkan dari pembicaraan tersebut?)
  • What is the conclusion of this meeting”! (Apa simpulan dari pertemuan ini?)

4. Pertanyaan yang menanyakan Informasi yang Detail (Detailed Information) mengenai: Siapa (Who), Apa (What), Di mana (Where), Kapan (When), dan Bagaimana (How).

  • Where did it happen”! (Dimana terjadinya?)
  • When was this virus invented? (Kapan virus ini ditemukan?)
  • How could the explorer obtained the location”! (Bagaimana penjelajah mendapatkan lokasi tersebut?)
  • Who is invited to the party! (Siapa yang diundang ke pesta itu?)
  • What time did the meeting begin? (Jam berapa pertemuan itu dimulai?)

5. Pertanyaan yang menanyakan Saran (Suggestion/Advice)

  • What does the woman suggest”! (Apa yang wanita tersebut sarankan?)
  • What should the man do”! (Apa yang seharusnya laki-laki itu kerjakan?)

6. Pertanyaan yang menanyakan Implikasi (Implication)

  • What does this statement imply? (Apa implikasi dari pernyataan ini?)

7. Pertanyaan yang menanyakan Tujuan (Purpose)

  • What is the purpose of the talk! (Apa tujuan dari percakapan tersebut?)

8. Pertanyaan yang menanyakan Judul (Title)

  • What is the best title of the talk? (Apa judul yang terbaik untuk percakapan tersebut?)

9. Pertanyaan yang menanyakan tentang Sikap/Pandangan Pembicara (Speaker’s View): apakah puas (satisfied) sedih (sad), bahagia (happy), kritis (critical), dan sebagainya, misalnya:

  • What’s the speaker’s impression about the event? (Bagaimana kesan pembicara tentang acara tersebut?)
  • What does the speaker’s feel about it? (Apa yang pembicara rasakan tentang ini?)

10. Pertanyaan yang menanyakan tentang Peserta Ceramah (Audience)

  • Who is the speech addressing to? (Ditujukan kepada siapa pidato tersebut?)
  • Whom is the speaker talk to? (Kepada siapa pembicara tersebut berbicara?)

Struktur Listening Comprehension

Listening Comprehension Section terdiri dari tiga bagian dengan 50 pertanyaan.

Untuk menjawab 50 pertanyaan tersebut, Anda diberi waktu 35-40 menit. Jadi, Anda memiliki waktu antara 12-15 detik untuk menjawab 1 soal.
Semua soal akan diperdengarkan melalui Tape dan tidak ada headphone, tetapi menggunakan speaker (pengeras suara) yang telah dipersiapan untuk tes TOEFL Pembicara dalam Tape menggunakan pengucapan dan ekspresi American English (bahasa Inggris Amerika) di mana ucapan maupun ekspresinya agak berbeda dengan British English (bahasa Inggris). Anda perlu sekali memahami perbedaannya terutama pengucapannya (pronounciation).


Part A

Pada Part A, Anda akan mendengar sekitar 30 percakapan pendek (a short conversation/dialogue) antara dua orang dan setiap satu percakapan akan diikuti oleh satu pertanyaan. Rata-rata satu pembicara hanya berbicara satu kali. Ketika Anda mendengarkan percakapan, Anda harus memerhatikan dengan cermat ungkapan yang diucapkan oleh pembicara kedua karena biasanya kata kunci untuk menjawab berada pada kalimat yang diucapkan oleh pembicara kedua.

Pembicara kedua biasanya akan memberikan informasi penting yang membuat Anda bisa menjawab pertanyaan. Setelah satu percakapan selesai, Anda akan mendengar sebuah pertanyaan. Empat pilihan jawaban sudah tersedia dalam lembar soal. Semua jawaban disusun secara gramatikal, dan tampaknya semua benar. Namun, sebenarnya HANYA ADA SATU jawaban yang benar. Anda hanya diberi waktu 10 sampai 12 detik untuk menjawab setiap soalnya.

TIPS Part A – Short Conversation

1. Fokuskan pendengaran Anda pada orang kedua.
2. Jangan panik jika tidak bisa memahami kata demi kata dalam percakapan secara komplit. Anda hanya perlu menangkap ide atau isi percakapan.
3. Bila Anda sama sekali tidak bisa memahami apa yang dibicarakan pembicara kedua, pilihlah jawaban yang paling berbeda dari apa yang Anda dengar.
4. Pahami bentuk-bentuk functional expression (agreement (persetujuan), uncertainty (ketidakpastian), suggestion (sugesti), surprise (keterkejutan), idiomatic, expression, dan situasi ketika pembicaraan dilakukan.

Setiap pertanyaan dimulai dengan Question Words (Kata-kata tanya) terutama:
(1) What (Apa/Apa yang/Berapa);
(2) Where (Di mana atau Ke mana); dan
(3) When (Kapan).

JARANG SEKALI pertanyaan dimulai dengan:
(1) Why (Kenapa/Mengapa);
(2) Which (Yang mana);
(3) Who (Siapa/Siapa yang); dan
(4) How (Bagaimana/Berapa).

Berikut ini beberapa penggunaan kata tanya yang sering muncul pada TOEFL Listening Comprehension Section Part A.
(1) What does the (man/woman) mean? (Apa maksud dari laki-laki/wanita tersebut?)

(2) What will the (man/woman) probably do (next)? (Apa yang mungkin akan dikerjakan oleh laki-laki/wanita tersebut (berikutnya)?

(3) What will the speakers do? (Apa yang akan dilakukan oleh pembicara?)

(4) What is the (man/woman) going to do? (Apa yang akan dikerjakan oleh laki-laki/wanita tersebut?)

(5) What does the (man/woman) plan to do? (Apa yang laki-laki/wanita tersebut rencanakan?)

(6) What does the (man/woman) imply about… ? (Apa yang diimplikasikan oleh laki-laki/wanita tersebut tentang…?)

(7) What is the (man’s/woman’s) problem? (Apa masalah laki-laki/wanita tersebut?)

(8) What problem does the (man/woman) think the (man/woman) has? (Masalah apa yang menurut laki-laki/wanita tersebut dimiliki oleh laki-laki/ wanita itu?)

(9) What are the speakers talking about? (Apa yang sedang dibicarakan oleh para pembicara?)

(10) What does the (man/woman) suggest that the (man/woman) do? (Apa saran yang diberikan oleh laki-laki/wanita tersebut yang seharusnya dikerjakan oleh laki-laki/wanita itu?)

(11) What does the (man/woman) say about…? (Apa yang dikatakan oleh laki-laki/wanita tersebut tentang …?)

(12) What does the (man/woman) think about…? (Apa yang dipikirkan oleh laki-laki/wanita tersebut tentang…?)

(13) What had the (man/woman) assumed about…? (Apa yang telah diasumsikan oleh laki-laki/wanita tersebut tentang…?)

Pada lembar soal (sebelum mengerjakan soal listening) Anda perlu membaca dengan cermat petunjuk mengerjakan soal. Berikut ini petunjuk atau perintah yang harus Anda pahami.

PART A

Directions

In Part A, you will hear short conversations between two speakers. At the end of each conversation, a third voice will ask a question about what was said. The question will be spoken just one time. After you hear a conversation and the question about it, read the four possible answers and decide which one would be the best answer to the question you have heard. Then, on your answer sheet, find the number of the problem and mark your answer.

Petunjuk
Pada Bagian A, Anda akan mendengarkan percakapan-percakapan pendek antara dua pembicara. Di akhir setiap percakapan, ada suara ketiga yang menanyakan tentang apa yang diungkapkan dalam percakapan. Pertanyaan hanya akan diucapkan sekali. Setelah Anda mendengarkan sebuah percakapan dan pertanyaan tentang percakapan tersebut, bacalah keempat pilihan jawaban dan tentukan mana yang merupakan jawaban terbaik dari pertanyaan yang telah Anda dengar. Kemudian, pada lembar jawab Anda, lihatlah nomor soal dan hitamkan pilihan jawabannya.

Setelah membaca petunjuk di atas, Anda akan mendengar sebuah percakapan pendek sebagai berikut.

Man: I am trying to find a book by author Sterling Watson. Do you know where I should look?

Woman: He’s a fiction writer, isn’t he? Log on to this computer. Click on fiction, and then search by author name. See? Oh, he has written quite a few books, although I’ve never heard of him.

Man: His books were never in the top ten, but I like his style. I took a class from him at the University of Florida.

Q. What does the man say about Sterling Watson?

Tulisan dalam buku tes Anda:
(A) He is required to read one of his books but does not like his writing.
(B) He has never read any of his works previously.
(C) He appreciates his writing style.
(D) He learned about his books from a computer.

Jawab : (C) He appreciates his writing style.
Keyword : I like his style
Pembahasan: “His books were never in the top ten, but I like his style” yang dinyatakan oleh laki-laki tersebut bahwa buku-buku pengarang tersebut tidak pernah pada urutan sepuluh terbaik, tetapi dia menyukainya, yang berarti bahwa laki-laki tersebut menghargai tulisan sang penulis.


Temukan Part B dan Part C pada link di bawah ini!

Vote your voice for better articles

Best regards: PustakaBahasaInggris.com