Strategi, Tips, dan Trik Menjawab Tes TOEFL Listening Comprehension Part B

Posted on

Dear Readers,

Kali ini saya akan melanjutkan berbagi Strategi, Tips, dan Trik Menjawab Tes TOEFL Listening Comprehension

Simak yuk…

Strategi, Tips, dan Trik Menjawab Tes TOEFL Listening Comprehension Part B

Strategi, Tips, dan Trik Menjawab Tes TOEFL Listening Comprehension PART – B


LISTENING COMPREHENSION

Listening Comprehension Section bertujuan menguji kemampuan Anda dalam memahami bahasa lisan. Untuk bisa memahami bahasa lisan tersebut, selain harus membiasakan diri mendengarkan bahasa Inggris lisan, Anda juga harus memiliki pengetahuan struktur bahasa (tata bahasa) Inggris yang memadai. Semua kalimat dalam bagian ini menggunakan kalimat yang gramatikal (benar menurut tata bahasa) dan biasanya dalam bentuk kalimat lengkap. Semua kalimat tersebut diucapkan dalam percakapan bahasa Inggris.

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan Listening Comprehension dengan baik, Anda dituntut memiliki kemampuan untuk:

(1) memahami tekanan dan nada;
(2) memahami perbedaan bunyi;
(3) memahami idioms;
(4) memahami ungkapan-ungkapan percakapan;
(5) memahami kelompok atau frase kata kerja;
(6) menemukan informasi yang tersirat (tak dinyatakan secara jelas);
(7) memahami perbandingan; dan
(8) memahami makna/isi percakapan atau pembicaraan.

TIPS

1. Pahami bentuk-bentuk perintah (direction) pada masing-masing bagian (part) dengan baik sebelum hari “H” ujian.
2. Bacalah pilihan pada masing-masing soal sebanyak mungkin ketika narator sedang membacakan direction dan contoh soal (example).
3. Dengarkan dengan penuh konsentrasi dan fokuskan perhatian Anda pada percakapan yang sedang Anda dengarkan.
4. Memaksimalkan kemampuan listening Anda pada soal-soal pertama pada masing-masing part.


Jenis-Jenis Pertanyaan

Anda sangat perlu memahami berbagai bentuk pertanyaan Listening Comprehension seperti berikut ini.
1. Pertanyaan yang menanyakan Pikiran Utama (Main Idea)

  • What is the main idea of this talk! (Apa pikiran utama dari percakapan ini?)
  • What are they talking about? (Apa yang sedang mereka bicarakan?)

2. Pertanyaan yang menanyakan Topik Pembicaraan

  • What is the text about? (Tentang apa teks tersebut?)
  • What is the talk about? (Tentang apa percakapan tersebut?)
  • What does the text talk about? (Teks tersebut membicarakan tentang apa?)
  • What is the topic of this talk? (Apa topik dari percakapan ini?)

3. Pertanyaan yang menanyakan Simpulan (Conclusion /Inference)

  • What can we infer from the talk? (Apa yang bisa kita simpulkan dari pembicaraan tersebut?)
  • What is the conclusion of this meeting”! (Apa simpulan dari pertemuan ini?)

4. Pertanyaan yang menanyakan Informasi yang Detail (Detailed Information) mengenai: Siapa (Who), Apa (What), Di mana (Where), Kapan (When), dan Bagaimana (How).

  • Where did it happen”! (Dimana terjadinya?)
  • When was this virus invented? (Kapan virus ini ditemukan?)
  • How could the explorer obtained the location”! (Bagaimana penjelajah mendapatkan lokasi tersebut?)
  • Who is invited to the party! (Siapa yang diundang ke pesta itu?)
  • What time did the meeting begin? (Jam berapa pertemuan itu dimulai?)

5. Pertanyaan yang menanyakan Saran (Suggestion/Advice)

  • What does the woman suggest”! (Apa yang wanita tersebut sarankan?)
  • What should the man do”! (Apa yang seharusnya laki-laki itu kerjakan?)

6. Pertanyaan yang menanyakan Implikasi (Implication)

  • What does this statement imply? (Apa implikasi dari pernyataan ini?)

7. Pertanyaan yang menanyakan Tujuan (Purpose)

  • What is the purpose of the talk! (Apa tujuan dari percakapan tersebut?)

8. Pertanyaan yang menanyakan Judul (Title)

  • What is the best title of the talk? (Apa judul yang terbaik untuk percakapan tersebut?)

9. Pertanyaan yang menanyakan tentang Sikap/Pandangan Pembicara (Speaker’s View): apakah puas (satisfied) sedih (sad), bahagia (happy), kritis (critical), dan sebagainya, misalnya:

  • What’s the speaker’s impression about the event? (Bagaimana kesan pembicara tentang acara tersebut?)
  • What does the speaker’s feel about it? (Apa yang pembicara rasakan tentang ini?)

10. Pertanyaan yang menanyakan tentang Peserta Ceramah (Audience)

  • Who is the speech addressing to? (Ditujukan kepada siapa pidato tersebut?)
  • Whom is the speaker talk to? (Kepada siapa pembicara tersebut berbicara?)

Struktur Listening Comprehension

Listening Comprehension Section terdiri dari tiga bagian dengan 50 pertanyaan.

Untuk menjawab 50 pertanyaan tersebut, Anda diberi waktu 35-40 menit. Jadi, Anda memiliki waktu antara 12-15 detik untuk menjawab 1 soal.
Semua soal akan diperdengarkan melalui Tape dan tidak ada headphone, tetapi menggunakan speaker (pengeras suara) yang telah dipersiapan untuk tes TOEFL Pembicara dalam Tape menggunakan pengucapan dan ekspresi American English (bahasa Inggris Amerika) di mana ucapan maupun ekspresinya agak berbeda dengan British English (bahasa Inggris). Anda perlu sekali memahami perbedaannya terutama pengucapannya (pronounciation).


PART B

Pada Part B, Anda akan mendengar sebuah percakapan panjang (a long conversation/dialogue) antara dua orang dan setiap satu percakapan panjang akan diikuti oleh beberapa pertanyaan.

TIPS Part B – Longer Conversation

1. Ketika narator membacakan direction part B, Anda sebaiknya membaca ; pilihan jawaban secara sekilas kemudian merekamnya dan memperkirakan tema apa yang akan menjadi perbincangan.
2. Ketika menyimak conversation, Anda harus mengetahui apa tema/topik yang dibicarakan.
3. Waspadalah terhadap masing-masing pertanyaan.
4. Cermati kondisi dan situasi yang terjadi selama percakapan berlangsung, yakni menyangkut tempat dan waktu pembicaraan, apa dan siapa yang dibicarakan.

Teks lisan setiap percakapan panjang terdiri atas 140 s.d. 290 kata dan berlangsung sekitar 40 sampai 80 detik. Topiknya bersifat lebih akademis bila dibandingkan dengan Part A dan materinya berbicara seputar sejarah, ilmu pengetahuan, atau organisasi universitas, dan kadang-kadang Anda perlu memperhatikan informasi yang berkaitan dengan angka-angka yang terdapat dalam percakapan ini. Di sini, Anda memiliki waktu kira-kira 12 detik untuk menjawab beberapa pertanyaan dalam satu percakapan panjang.

Setelah percakapan panjang selesai, Anda akan mendengar beberapa pertanyaan yang diucapkan sekali. Pertanyaan tersebut biasanya dimulai dengan kata-kata tanya (Question Words) terutama:

  • What (Apa/Apa yang/Berapa);
  • How (8agaimana/Berapa, Bagaimana);
  • Where (Di mana, ke mana);
  • Why (Mengapa),
  • Who (Siapa); dan
  • Whom (Kepada/Dengan Siapa).

Contoh pertanyaan-pertanyaan yang sering diperdengarkan dalam Part B ini sebagai berikut.

(1) What is the main topic of this conversation? (Apa topik utama percakapan ini?)
(2) Where does the conversation take place? (Di mana percakapan ini berlangsung?)
(3) When did it occur? (Kapan ini terjadi?)
(4) What will the man probably do next? (Apa yang mungkin akan dilakukan pria
(5) How is the woman decide to buy a … (Bagaimana wanita itu memutuskan untuk membeli …)
(6) Who is the guest speaker? (Siapa pembicara tamu itu?)

Berikut ini adalah contoh soal dan tape script percakapan panjang.

Direction

In Part B, you will hear longer conversations. After each conversation, you will be asked some questions. The conversations and questions will be spoken just one time. They will not be written out for you, so you will have to listen carefully in order to understand and remember what the speaker says.
When you hear a question, read the four possible answers in your test book and decide which one would be the best answer to the question you have heard. Then, on your answer sheet, find the number of the problem and fill in the space that corresponds to the letter of the answer you have chosen.

Petunjuk

Di Bagian B, Anda akan mendengar percakapan-percakapan yang lebih panjang. Setelah satu percakapan panjang diperdengarkan, Anda akan diberi beberapa pertanyaan. Percakapan dan pertanyaan-pertanyaan hanya akan diucapkan sekali. Pertanyaan-pertanyaan itu tidak akan dijumpai di lembar soal, sehingga Anda harus mendengarkan dengan cermat supaya bisa memahami dan mengingat apa yang dibicarakan oleh pembicara.
Ketika Anda mendengarkan satu pertanyaan, bacalah pilihan-pilihan jawaban yang ada di buku soal dan tentukan satu yang merupakan jawaban terbaik dari pertanyaan yang telah Anda dengar. Kemudian pada lembar jawab, temukan nomor soal dan hitamkan bundaran yang sesuai dengan pilihan Anda.

Setelah membaca petunjuk dengan jelas, Anda akan mendengar sebuah percakapan panjang yang diikuti oleh beberapa pertanyaan.

Perhatikan contoh percakapan panjang berikut ini.

Script Part B

Man: I can’t believe we have to read this entire book by Monday.

Woman: Some teachers think you have nothing else to do besides preparing for their class.

Man: Well, my boss thinks the same thing about my job — that it’s the only thing I have to do.

Woman: Oh, I didn’t know you were working. What do you do?

Man: I do bookkeeping work for a small company on Saturdays. This weekend, I have to prepare the end of the quarterly reports to give to the accountant on Monday.

Woman: You’d better start reading soon.

1 What does the man imply about the assignment?
2. What does the man imply about some teachers?
3. What does the woman suggest that the man do?
4. What does the man say about his work?

Tulisan dalam buku tes Anda:

1. (A) It’s too much to read in such a short time.
(B) He has already read the material.
(C) He can read at work.
(D) The teacher knows that he has a job.

2. (A) They are understanding.
(B) They give thought-provoking assignments.
(C) They act like taking their class Is the only thing a student has to do.
(D) They are unprepared.

3. (A) Skip work
(B) Begin work on the assignment as soon as possible
(C) Quit the class
(D) Stay up all night

4. (A) He does manual labor.
(B) He dislikes his job.
(C) His employer is very understanding.
(D) He works with figures.

Pembahasan yang untuk soal-soal di atas sebagai berikut.

1. Jawab : (A) -» It is too much to read in such a short time.
Keyword: Can’t believe.
Pembahasan: Ungkapan “can’t believe“ mengindikasikan bahwa yang diungkapkan tersebut suatu hal yang luar biasa/ memberatkan.

2. Jawab : (C) -» They act like taking their class is the only thing a student has to do.
Keyword: Some teachers think you have nothing else to do besides preparing for their class.
Pembahasan: Kalimat pada kata kunci mengimplikasikan bahwa para guru tidak terlalu peduli pada kesibukan para siswa, dan para guru berpikir bahwa para siswa tersebut hanya mengikuti kelas mereka.

3. Jawab: (B) -» Begin work on the assignment as soon as possible.
Keyword: You’d better start reading soon.
Pembahasan: Kalimat pada kata kunci mengindikasikan bahwa sebaiknya sang laki-laki segera memulai pekerjaannya secepat mungkin.

4. Jawab : (D) -» He works with figures.
Keyword: My boss thinks the same thing about my job.
Pembahasan: Dari yang diucapkan laki-laki tersebut bisa disimpulkan bahwa dia bekerja kepada orang lain.


Temukan Part A dan Part C pada link di bawah ini!

Vote your voice for better articles

Best regards: PustakaBahasaInggris.com