Strategi, Tips, dan Trik Menjawab Tes TOEFL Listening Comprehension Part C

Posted on

Dear Readers,

PustakaBahasaInggris.com – Kali ini saya akan melanjutkan berbagi Strategi, Tips, dan Trik Menjawab Tes TOEFL Listening Comprehension

Simak yuk…

Strategi, Tips, dan Trik Menjawab Tes TOEFL Listening Comprehension Part C

Strategi, Tips, dan Trik Menjawab Tes TOEFL Listening Comprehension PART – C


LISTENING COMPREHENSION

Listening Comprehension Section bertujuan menguji kemampuan Anda dalam memahami bahasa lisan. Untuk bisa memahami bahasa lisan tersebut, selain harus membiasakan diri mendengarkan bahasa Inggris lisan, Anda juga harus memiliki pengetahuan struktur bahasa (tata bahasa) Inggris yang memadai. Semua kalimat dalam bagian ini menggunakan kalimat yang gramatikal (benar menurut tata bahasa) dan biasanya dalam bentuk kalimat lengkap. Semua kalimat tersebut diucapkan dalam percakapan bahasa Inggris.

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan Listening Comprehension dengan baik, Anda dituntut memiliki kemampuan untuk:

(1) memahami tekanan dan nada;
(2) memahami perbedaan bunyi;
(3) memahami idioms;
(4) memahami ungkapan-ungkapan percakapan;
(5) memahami kelompok atau frase kata kerja;
(6) menemukan informasi yang tersirat (tak dinyatakan secara jelas);
(7) memahami perbandingan; dan
(8) memahami makna/isi percakapan atau pembicaraan.

TIPS

1. Pahami bentuk-bentuk perintah (direction) pada masing-masing bagian (part) dengan baik sebelum hari “H” ujian.
2. Bacalah pilihan pada masing-masing soal sebanyak mungkin ketika narator sedang membacakan direction dan contoh soal (example).
3. Dengarkan dengan penuh konsentrasi dan fokuskan perhatian Anda pada percakapan yang sedang Anda dengarkan.
4. Memaksimalkan kemampuan listening Anda pada soal-soal pertama pada masing-masing part.


Jenis-Jenis Pertanyaan

Anda sangat perlu memahami berbagai bentuk pertanyaan Listening Comprehension seperti berikut ini.
1. Pertanyaan yang menanyakan Pikiran Utama (Main Idea)

  • What is the main idea of this talk! (Apa pikiran utama dari percakapan ini?)
  • What are they talking about? (Apa yang sedang mereka bicarakan?)

2. Pertanyaan yang menanyakan Topik Pembicaraan

  • What is the text about? (Tentang apa teks tersebut?)
  • What is the talk about? (Tentang apa percakapan tersebut?)
  • What does the text talk about? (Teks tersebut membicarakan tentang apa?)
  • What is the topic of this talk? (Apa topik dari percakapan ini?)

3. Pertanyaan yang menanyakan Simpulan (Conclusion /Inference)

  • What can we infer from the talk? (Apa yang bisa kita simpulkan dari pembicaraan tersebut?)
  • What is the conclusion of this meeting”! (Apa simpulan dari pertemuan ini?)

4. Pertanyaan yang menanyakan Informasi yang Detail (Detailed Information) mengenai: Siapa (Who), Apa (What), Di mana (Where), Kapan (When), dan Bagaimana (How).

  • Where did it happen”! (Dimana terjadinya?)
  • When was this virus invented? (Kapan virus ini ditemukan?)
  • How could the explorer obtained the location”! (Bagaimana penjelajah mendapatkan lokasi tersebut?)
  • Who is invited to the party! (Siapa yang diundang ke pesta itu?)
  • What time did the meeting begin? (Jam berapa pertemuan itu dimulai?)

5. Pertanyaan yang menanyakan Saran (Suggestion/Advice)

  • What does the woman suggest”! (Apa yang wanita tersebut sarankan?)
  • What should the man do”! (Apa yang seharusnya laki-laki itu kerjakan?)

6. Pertanyaan yang menanyakan Implikasi (Implication)

  • What does this statement imply? (Apa implikasi dari pernyataan ini?)

7. Pertanyaan yang menanyakan Tujuan (Purpose)

  • What is the purpose of the talk! (Apa tujuan dari percakapan tersebut?)

8. Pertanyaan yang menanyakan Judul (Title)

  • What is the best title of the talk? (Apa judul yang terbaik untuk percakapan tersebut?)

9. Pertanyaan yang menanyakan tentang Sikap/Pandangan Pembicara (Speaker’s View): apakah puas (satisfied) sedih (sad), bahagia (happy), kritis (critical), dan sebagainya, misalnya:

  • What’s the speaker’s impression about the event? (Bagaimana kesan pembicara tentang acara tersebut?)
  • What does the speaker’s feel about it? (Apa yang pembicara rasakan tentang ini?)

10. Pertanyaan yang menanyakan tentang Peserta Ceramah (Audience)

  • Who is the speech addressing to? (Ditujukan kepada siapa pidato tersebut?)
  • Whom is the speaker talk to? (Kepada siapa pembicara tersebut berbicara?)

Struktur Listening Comprehension

Listening Comprehension Section terdiri dari tiga bagian dengan 50 pertanyaan.

Untuk menjawab 50 pertanyaan tersebut, Anda diberi waktu 35-40 menit. Jadi, Anda memiliki waktu antara 12-15 detik untuk menjawab 1 soal.
Semua soal akan diperdengarkan melalui Tape dan tidak ada headphone, tetapi menggunakan speaker (pengeras suara) yang telah dipersiapan untuk tes TOEFL Pembicara dalam Tape menggunakan pengucapan dan ekspresi American English (bahasa Inggris Amerika) di mana ucapan maupun ekspresinya agak berbeda dengan British English (bahasa Inggris). Anda perlu sekali memahami perbedaannya terutama pengucapannya (pronounciation).


Part C

Pada Part C, Anda akan mendengarkan ceramah pendek (a short lecture/talk) dan setiap satu ceramah pendek akan diikuti oleh beberapa pertanyaan. Pada Part C, Anda akan mendengar teks lisan, yakni kuliah/ceramah pendek (a short lecture). Biasanya setelah kuliah atau ceramah pendek, Anda akan mendengar 3 (tiga) sampai 7 (tujuh) pertanyaan.

TIPS Part C – Short Lecture/ Talk

1. Bila Anda memiliki waktu, lihatlah pilihan-pilihan jawaban yang tertera pada lembar soal dan temukan kata kuncinya.
2. Waspadailah pembicaraan pada kalimat pertama karena biasanya akan menjadi topik bagi kalimat-kalimat selanjutnya.
3. Fokuskan pendengaran anda pada hal-hal yang berkaitan dengan pertanyaan 5-W (What, Who, When, Where, Why) dan How.
4. Buatlah simpulan/ inferasi atas situasi yang terjadi saat pembicaraan dilakukan.

Teks lisan setiap ceramah terdiri atas 140 sampai 290 kata dan berlangsung sekitar 40 sampai 80 detik. Topiknya bersifat lebih akademis bila dibandingkan dengan Part A dan materinya berbicara seputar sejarah, ilmu pengetahuan, atau organisasi universitas, dan kadang-kadang Anda perlu memperhatikan informasi yang berkaitan dengan angka-angka yang terdapat dalam percakapan/kuliah ini. Di sini, Anda memiliki waktu kira-kira 12 detik untuk menjawab beberapa pertanyaan dalam satu ceramah.

Setelah ceramah selesai, Anda akan mendengar beberapa pertanyaan yang diucapkan sekali. Pertanyaannya biasanya dimulai dengan Question Words (kata- kata tanya) terutama:

  • What (Apa/Apa yang/Berapa);
  • How (Bagaimana/Berapa, Bagaimana);
  • Where (Di mana? Ke mana);
  • Why (Mengapa), Who (Siapa); dan
  • Whom (Kepada/Dengan Siapa).

Contoh pertanyaan-pertanyaan yang sering diperdengarkan dalam Part C ini meliputi main ideas, details, purpose, and implication:

(1) Main idea questions may include:

  • What is the main idea of the talk? (Apa pikiran utama dari percakapan tersebut?)
  • A What is the talk mainly about’? (Tentang apa percakapan tersebut?)
  • What are the speakers discussing? (Apa yang sedang dibicarakan oleh para pembicara?)
  • What would be a good title for the lecture? (Judul apa yang baik untuk kuliah tersebut?)

(2) Detail questions may include:

  • What does the man/woman say about…? (Apa yang dikatakan laki-laki/wanita tersebut tentang…?)
  • What does the man/woman want? (Apa yang diinginkan laki-laki/wanita tersebut?)
  • What does the man/woman suggest about…? (Apa saran laki-laki/wanita tersebut tentang…?)
  • What is the man/woman describing? (Apa yang laki-laki/wanita tersebut deskripsikan?)

(3) Purpose questions may include:

  • Why did…? (Mengapa (past tense/lampau)…?)
  • Why is…? (Mengapa (present/sekarang)…?)
  • Why does the man/woman think…? (Mengapa laki-laki/wanita tersebut mengira…?)
  • Why does the speaker mention…? (Mengapa pembicara menyebutkan…?)

(4) Implication questions may include:

  • What does the speaker imply about…? (Apa yang pembicara maksud tentang…?)
  • What does the speaker infer about…? (Apa yang pembicara simpulkan tentang…?)
  • What does the man/woman mean when he/she says…? (Apa yang laki-laki/wanita tersebut maksud ketika dia mengatakan…?)

(5) Other questions in this part will ask you to choose a drawing, match questions, and organize or categorize answer choices. For example,

  • You may be asked to pick out the correct drawing from what was described in words. (Kamu mungkin diminta untuk memilih gambar yang sesuai dengan apa yang dideskripsikan dengan kata-kata.)
  • You may be asked to match two concepts together. (Kamu mungkin diminta untuk mencocokkan dua konsep bersama- sama.)
  • You may be asked to determine the sequence of events. (Kamu mungkin diminta untuk menentukan urutan kejadian.)
  • You may be asked to categorize certain concepts. (Kamu mungkin diminta untuk mengategorikan konsep tertentu.)

Berikut ini adalah sebuah contoh soal serta script salah satu ceramah.

PART C

Directions
In Part C, you will hear several talks. After each talk, you will be asked some questions. The talks and questions will be spoken just one time. They will not be written out for you, so you will have to listen carefully in order to understand and remember what the speaker says. When you hear a question, read the four possible answers in your test book and decide which one would be the best answer to the question you have heard. Then, on your answer sheet, find the number of the problem and fill in the space that corresponds to the letter of the answer you have chosen.

Pada Bagian C, Anda akan mendengar beberapa pembicaraan/ceramah. Setelah ceramah, Anda akan diberi beberapa pertanyaan.Teks ceramah dan pertanyaan-pertanyaan akan diucapkan sekali saja. Teks  ceramah dan pertanyaan-pertanyaan tersebut tidak akan ditunjukkan secara tertulis kepada Anda, karena itu Anda harus mendengarkan secara cermat agar bisa memahami dan mengingat apa yang diucapkan oleh pembicara. Ketika Anda mendengar sebuah pertanyaan, bacalah keempat pilihan jawaban di buku soal Anda dan tentukan satu jawaban terbaik untuk pertanyaan yang telah Anda dengar. Kemudian pada lembar jawab, temukan nomor soal dan hitamkan huruf yang cocok dengan pilihan jawabannya.

Setelah membaca petunjuk di atas, bacalah soal yang mengikutinya. Berikut ini adalah contoh cuplikan soal listening untuk Part C.

Script Part C

The reason we’re meeting today is to introduce the plan for our new office layout. Starting next month, instead of cubicles, we will have an open office. There will be no cubicle walls or partitions. Instead, desks will be arranged in clusters for each office, but each will have large windows and glass doors, to make employees and clients feel welcome to come inside. We’re also going to paint the walls and put in new carpeting. The project will start on the first of next month and should take about three weeks to complete. We will be moving to the third floor during that Period department. The desks in each department will be facing each other in clusters of four or six. We feel this will facilitate better communication between workers in each department. It will also create a more welcoming environment for clients. The department managers will still have their own

Tulisan dalam buku test Anda:
1. (A) An office renovation
(B) Building construction
(C) A marketing campaign
(D) New carpeting

2. (A) The desks will be facing away from each other.
(B) Department managers will sit in cubicles.
(C) It will increase the number of sales to clients.
(D) It will improve employee communication.

3. (A) The walls will be painted.
(B) New carpeting will be installed.
(C) Work will begin next year.
(D) The work will take three weeks.

Jawaban yang untuk soal-soal di atas adalah:
1. Jawab : (A) -> An office renovation

Keyword : Our new office layout.
Pembahasan: Dari kata kunci bisa diketahui bahwa kantor tersebut akan direnovasi.

2. Jawab : (D) -> It will improve employee communication.

Keyword : Will facilitate better communication.
Pembahasan: Frasa “better communication” bermakna sama dengan “improve communication”

3. Jawab : (C) -> Work will begin next year

Keyword : Not true; start on the first of next month.
Pembahasan: Karena permulaannya bulan berikutnya dan membutuhkan waktu kira-kira tiga minggu. Jadi, pernyataan yang tidak benar adalah bahwa pekerjaan akan dimulai tahun depan.


Temukan Part A dan Part B pada link di bawah ini!

Vote your voice for better articles

Best regards: PustakaBahasaInggris.com