Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Lengkap Dengan Dialog Wawancara

Posted on
5/5 - (4 votes)

Dear Readers,

Apakah kalian sedang membutuhkan contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris dan sekaligus dengan contoh Wawancara Bahasa Inggris?

Bagaimana membuat Surat Lamaran Kerja yang sederhana?

  • Ulasan dalam artikel ini akan mengupasnya sehingga dapat menambah kemampuan menulis kalian [Writing Skill]

Bagaimana cara menjawab pertanyaan dalam wawancara Bahasa Inggris?

  • Ulasan dalam artikel ini akan memberikan contoh sehingga dapat menambah kosa kata dan kemampuan berbicara kalian [Speaking Skill]

Langsung saja disimak penjelasan di bawah ini!

[Writing / Speaking] Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris (Job Application Letter and Curriculum Vitae) Lengkap Dengan Dialog Wawancara (INTERVIEW)

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris (Job Application Letter and Curriculum Vitae) Lengkap Dengan Dialog Wawancara (INTERVIEW)
Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris (Job Application Letter and Curriculum Vitae) Lengkap Dengan Dialog Wawancara (INTERVIEW)

Dalam proses formal, melamar kerja ternyata tidak semudah yang dibayangkan dan ternyata tidak sesulit yang dilakukan. Stop Thinking & LET’s do it!

Pembuatan dan Pemahaman Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Pembuatan dan Pemahaman Tentang Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris “Job Application Letter”

Surat Lamaran Kerja

>> Surat Lamaran Kerja adalah surat yang dibuat dan dikirimkan oleh seseorang yang ingin bekerja di sebuah kantor, perusahaan atau pun instansi tertentu. Surat lamaran pekerjaan termasuk surat dinas atau resmi. Oleh karena itu, terdapat aturan-aturan tertentu yang harus diperhatikan dalam penulisannya.

Secara umum surat memiliki bagian-bagian seperti berikut ini:

Tempat dan tanggal pembuatan surat
Nomor surat
Lampiran
Hal atau perihal
Alamat tujuan
Salam pembuka
Isi surat yang terbagi lagi menjadi tiga bagian pokok yaitu :

  1. Paragraf pembuka
  2. Isi surat
  3. Paragraf penutup

Salam penutup
Tanda tangan dan nama terang

Pada bacaan ini saya akan memberikan beberapa informasi seputar Surat Lamaran tentu saja dengan menggunakan format Bahasa Inggris. Walaupun format-nya sedikit berbeda tetapi perbedaan yang ada tidak terlalu mencolok dan signifikan (I just wanna make it simple.)

Berikut ini merupakan format dalam penulisan Surat Lamaran Pekerjaan/ Job Application Letter:

1. Date Line/ Tempat dan Tanggal Pembuatan Surat.

Contoh:

  • Bandar Lampung, 26 April 2016
  • Jakarta, May 25th 2017

Pastikan disaat anda menulis Date Line, tidak melebihi batas akhir waktu pengiriman surat.

Berikut ini adalah sebuah ilustrasi yang logika untuk memahami tentang Date Line:
Sebuah perusahaan memuat iklan lowongan pekerjaan/ Job Vacancy pada tanggal 20 Februari dan dalam keterangan iklan tersebut berbunyi “batas akhir untuk mengirimkan Surat Lamaran adalah pada tanggal 2 Maret” Ini berarti anda tidak boleh mengirimkan Surat Lamaran anda setelah tanggal 2 Maret, karena hal ini akan sia-sia saja. Tak ubahnya seperti menggarami lautan, yang berarti merupakan sebuah pekerjaan yang sia-sia karena kita semua tahu bahwa air laut itu asin lalu mengapa harus ditabur garam??


2. Inside Address/ Alamat Tujuan.

Contoh:

  • General Television and Radio. Inc
    Jln. Jendral Sudirman No 342
    JAKARTA 14700

Pastikan disaat anda menulis Inside Address dengan lengkap dan akurat. Hal ini membantu agar Surat Lamaran yang anda buat sampai tujuan dan tidak salah alamat.

Hal yang perlu diperhatikan adalah :

  • Nama perusahaan (General Television and Radio. Inc)
  • Alamat Perusahaan (Jln. Jendral Sudirman No 342, JAKARTA 14700) Sertakan nama Kota dan Kode post, itu akan lebih baik.

3. Salutation/ Greeting/ Salam Pembuka

Contoh:

  • Dear Sir,
  • Dear Mr. Rudolph,

Dari contoh di atas saya menggunakan “Dear Sir,” artinya apabila anda tidak atau belum mengetahui siapa nama pemimpin/ kepala bagian di dalam sebuah perusahaan yang ingin anda lamar. Maka penggunaan contoh di atas bisa anda terapkan pada saat anda membuat Surat Lamaran. Tetapi apabila anda sudah mengetahui siapa nama pemimpin di perusahaan itu, maka anda dapat menggunakan contoh no-2 “Dear Mr. Rudolph,”


4. Opening Paragraph/ Paragraf Pembuka

Contoh:

  • I am writing this letter in response to your advertisement regarding Job Vacancy as Accounting Staff published at Jakarta Post (May 25th 2017). I am interested in applying for that position. Please find attached files of my CV and other required documents.
    Saya menulis surat ini dalam menanggapi iklan Anda mengenai Lowongan Kerja sebagai Staf Akuntansi diterbitkan di Jakarta Post (May 25th 2017). Saya tertarik untuk melamar posisi tersebut. Silakan menemukan file lampiran dari CV dan dokumen lain yang diperlukan.

>>> Simak bagian ini! Pada Paragraf Pembuka ada beberapa hal yang harus anda pahami:

1. Posisi

maksudnya adalah Pada Paragraf Pembuka, anda akan menulis tentang salah satu posisi atau jabatan yang ada dalam Iklan Lowongan Pekerjaan/ Job Vacancy. Dalam contoh di atas posisi atau jabatannya adalah sebagai Accounting Staff (as Accounting Staff). Anda bisa memilih posisi sesuai dengan kebutuhan yang ada di suatu perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan tentunya. Pastikan anda memiliki kualifikasi yang dibutuhkan.

2. Sumber Informasi

maksudnya adalah pada Paragraf Pembuka, anda bisa (hal ini tidak wajib) menuliskan tentang darimana anda mendapatkan sumber Lowongan Pekerjaan itu. Tetapi bilamana anda mempunyai sumber informasi tentang Lowongan Pekerjaan itu, lebih baik anda menuliskannya seperti pada contoh di atas. (at Jakarta Post ( May 25th 2017))

3. Lampiran

maksudnya adalah pada Paragraf Pembuka khususnya pada kalimat terakhir, anda dapat menulis tentang data diri anda secara detail/ spesifik pada sebuah lampiran/ dokumen yang anda sertakan bersamaan dengan Surat Lamaran yang anda buat (attached files of my CV and other required documents). Lampiran ini dapat berupa:

  • (CV) Curriculum Vitae/ Daftar Riwayat Hidup
  • Identity Card/ KTP
  • Certificate/ Ijazah
  • Photo/Foto
  • etc.

Maksud dari kalimat attached files of my CV and other required documents adalah selain CV anda melampirkan dokumen-dokumen anda yang lain. Dokumen-dokumen lain yang dimaksud seperti: Ijazah/ KTP/ Foto, dan lain-lain.


5. Body Paragraph/ Paragraf Isi

Contoh:

  • I graduated from University of Indonesia majoring in Accounting 2016. I am capable of operating Word Processor, Excel, PowerPoint, MYOB, ZAHIR and a little bit about PhotoShop. I am very flexible with anyone besides me. I am responsible for my job, reliable, independent, discipline, as well as humorous.
    Saya lulusan dari Universitas Indonesia jurusan Akuntansi pada tahun 2016. Saya mampu mengolah Word Processor, Excel, Power Point, MYOB, ZAHIR dan sedikit tentang Photo Shop. Saya sangat fleksibel dengan siapa pun di samping saya. Saya bertanggung jawab dengan pekerjaan saya, handal, mandiri, disiplin, serta lucu. 

Simak bagian ini! Pada Paragraf Isi ada beberapa hal yang harus anda pahami.

1. Educational Background

maksudnya adalah pada bagian Paragraf Isi, anda dapat menulis tentang Latar Belakang Pendidikan Terakhir anda. Dalam contoh di atas (from University of Indonesia majoring in Accounting 2016.) adalah Latar Belakang Pendidikan Terakhir Pelamar/ Applicant.

2. Experience

maksudnya adalah pada bagian Paragraf Isi, anda dapat menuliskan tentang pengalaman anda bekerja. Pengalaman ini tidak wajib dituliskan apalagi bagi anda yang masih menjadi status Fresh Graduated/ Lulusan Baru. Tetapi apabila anda sudah memiliki pengalaman, anda dapat gunakan kalimat ini (has experience in working for two years) jika anda memiliki pengalaman maka peluang anda akan di terima di perusahaan tersebut sangat besar. Ditambah lagi apabila anda memiliki skill/ kemampuan yang baik.
Simak bagian ke-3 dibawah ini!

3. Skills

maksudnya adalah pada bagian Paragraf Isi, anda dapat menuliskan semua Kemampuan/ Skill dan Karakter yang anda miliki. Hal ini memudahkan anda untuk diterima di perusahaan yang anda lamar. Skill dalam contoh di atas (operating Word Processor, Excel, Power Point, MYOB, ZAHIR and a little bit about Photo Shop.) dan karakter dalam contoh di atas adalah (flexible with anyone beside me. I am responsible with my job, reliable, independent, dicipline, as well as humorous)


6. Closing Paragraph/ Paragraf Penutup

Contoh:

  • I hope that you will interview me to negotiate and investigate my skills and expertise as soon as possible.
    Saya berharap bahwa Anda akan melakukan wawancara dengan saya untuk bernegosiasi dan menyelidiki keterampilan dan keahlian saya sesegera mungkin.

>>> Simak bagian ini! Pada Paragraf Penutup hal yang harus anda perhatikan tidak lah terlalu rumit. Anda cukup menulis dengan harapan bahwa anda segera di-interview dan di-test secepatnya untuk mengetahui seberapa hebat Kemampuan/ Skill yang anda miliki. Pada contoh di atas, (interview, negotiate, investigate my skills, as soon as possible) ini lah bagian terpenting tentang Paragraf Penutup/ Closing Paragraph.


7. Closing Greeting/ Salam Penutup

Contoh:

  • Thank you very much for your time and consideration.
    Terima kasih banyak atas waktu dan pertimbangan anda.

>> Simak bagian ini! Pada Salam penutup ucapan “Terima Kasih” adalah hal yang harus ditulis. Dalam contoh diatas (Thank you very much for your time and consideration) ada 2 hal yang harus diwakilkan dalam ucapan Terima Kasih yaitu: Terima Kasih atas Waktu dan Terima Kasih atas Pertimbangannya.

7.1 Complimentary Close

Contoh:

  • Sincerely yours,
7.2 Sender’s Signature and Name

Contoh:

  • Jack Ortiz, SE.

Contoh Job Application Letter

Jakarta, May 25th 2017

General Television and Radio. Inc.
Jln. Jendral Sudirman No 342
JAKARTA 14700

Dear Sir,
I am writing this letter in response to your advertisement regarding Job Vacancy as Accounting Staff published at Jakarta Post (May 24th, 2017). I am interested in applying for that position. Please find attached files of my CV and other required documents.

I graduated from University of Indonesia majoring in Accounting 2016. I am capable of operating Word Processor, Excel, PowerPoint, MYOB, ZAHIR and a little bit about PhotoShop. I am very flexible with anyone besides me. I am responsible for my job, reliable, independent, discipline, as well as humorous. 

I hope that you will interview me to negotiate and investigate my skills and expertise as soon as possible.

Thank you very much for your time and consideration.

Sincerely yours,

Jack Ortiz, SE.


Pembuatan dan Pemahaman Tentang Daftar Riwayat Hidup “Curriculum Vitae”

Pembuatan dan Pemahaman Tentang Daftar Riwayat Hidup “Curriculum Vitae”


Personal Details

  • Name: Jack Ortiz
  • Address: Jln. Imam Bonjol No. 4652 Nusantara Residence, Jakarta Selatan
  • Phone Number: 0857-6291-7632
  • Place & Date of Birth: Jakarta, 27 November 1994
  • Gender: Male
  • Marital Status: Single
  • Religion: Catholic
  • Nationality: Indonesia

Educational Background

  • 2000- – 2006 Indonesia International, Elementary School, Jakarta
  • 2006 – 2009 Junior High School / SMPN 07 Jakarta
  • 2009 – 2012 Senior High School SMAN 01 Surabaya
  • 2012 – 2016 Accounting Degree University of Indonesia GPA = 3.65 (scale 4)

Job Experiences

  • June – August 2015 On the job training at PT. Rajawali Raya (Persero) Jakarta
  • February 2016 TOEFL Test at Gajah Mada University

Computer Skills

  • Web Design
  • Programming
  • Internet Marketing
  • Micro- I soft Word
  • Microsoft Excel
  • Microsoft PowerPoint
  • Corel Draw
  • Adobe Photoshop.

Personality

  • Good attitude
  • kind
  • communicative
  • diligent
  • tolerant
  • discipline
  • honest
  • be responsible.

Jakarta, May 25th, 2017

Jack Ortiz, SE.

Temukan Dialog Wawancara Bahasa Inggris “INTERVIEW” pada halaman ke-2